Rabu, 28 Desember 2011

MATERI DAN KISI-KISI BHS INGGRIS TEKNIK INFORMATIKA UPY

Ini adalah materi dan kisi-kisi mata kuliah Bahasa Inggris bagi mahasiswa Semester 3 Teknik Informatika Universitas PGRI Yogyakarta. Silahkan download file-file yang dibutuhkan untuk menghadapi Ujian Akhir Semester.Untuk Mahasiswa yang kesulitan mendownload bahan-bahan kuliah di bawah, silahkan mendownload alternative linknya saja yang menggunakan data penyimpanan ziddu (Atas saran seseorang-Thank you for your suggestion)
1. Pertemuan Pertama
2. Pertemuan Kedua
3. Pertemuan Ketiga
4. Pertemuan Keempat
5. Pertemuan Kelima
6. Pertemuan Keenam
7. Pertemuan Ketujuh alternative link Pertemuan Ketujuh
8. Pertemuan Kedelapan alternative link Pertemuan kedelapan
9. Pertemuan Sembilan alternative link Pertemuan Sembilan
10. Pertemuan Kesepuluh alternative link Pertemuan Kesepuluh
11. Pertemuan Kesebelas alternative link Pertemuan Kesebelas
12. Pertemuan Keduabelas alternative link Pertemuan Keduabelas
13. Kisi-kisi UAS Bhs Inggris TI UPY
Silahkan klik link di atas, semua adalah materi yang pernah diberikan dalam pertemuan mata kuliah bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.Tetap semangat dan berusaha sekuat tenaga serta percayalah pada diri sendiri. Apapun hasil UAS atau nilai yang didapat, banggalah karena itu memang hasil olah pikir dan usaha anda sendiri.

ADMINISTRASI LENGKAP GURU

Bapak/guru yang menginginkan administrasi guru lengkap, silahkan download file-file berikut. File-file ini terdiri dari beberapa komponen administrasi guru yang perlu Bapak/Ibu guru persiapkan setiap kali mau mengajar atau dapat juga ini digunakan untuk mengajukan kenaikan pangkat, maupun untuk sertifikasi. File-file yang ada terdiri dari:
1. Cover Administrasi Guru
2. Program Semester dan Program Tahunan
3. Buku Informasi Penilaian
4. Daftar Presensi Peserta Didik
5. Lembar Ulangan Bergilir
6. Buku Hambatan Belajar Peserta Didik
7. Kisi-kisi Ulangan
8. Daftar Buku Pegangan
9. Silabus berkarakter
10. Ulangan Harian
Kemudian untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat anda download pada link berikut:
1.KD 1.1 Teks Transaksional
2. K.D. 2.1 Teks Fungsional pendek
3. K.D. 3.1 Teks Transaksional dan Interpersonal Teks

Selasa, 20 Desember 2011

LISTENING COMPREHENSION UNTUK MAHASISWA PGRI

Berhubung akhir bulan ini merupakan hari-hari terakhir perkuliahan, maka mahasiswa Teknik Informatika yang mengambil mata kuliah Bahasa Inggris saya mohon untuk mendowload link ini   http://www.ziddu.com/download/17886129/LISTENINGCOMPREHENSION.docx.html sebab pertemuan terakhir ini akan kita gunakan untuk berlatih listening. Setelah para mahasiswa mendownload file tersebut, harap file diprint dan dibawa saat perkuliahan Bahasa Inggris. Kemudian kegiatan yang akan kita lakukan adalah mendengarkan beberapa kalimat bahasa Inggris yang akan diucapkan oleh native speaker dan para mahasiswa tinggal memilih opsi yang sesuai dengan apa yang diucapkan native speaker. Pada bagian kedua para mahasiswa akan mendengarkan beberapa kalimat dan para mahasiswa harus menuliskan kalimat yang baru saja mereka dengar. Selamat Berlatih.

Jumat, 16 Desember 2011

KEGIATAN LIBURAN

Kegiatan liburan bagi para peserta didik kelas IX, khususnya peserta didik di SMPN 2 Bambanglipuro, nampaknya akan diisi dengan kegiatan Peningkatan Mutu yang akan berlangsung selama 3 hari ; Senin, Selasa, dan Rabu, tanggal 19 - 21 Desember 2011. Kegiatan yang perlu didukung dan diapresiasi karena semua dilakukan dengan satu tujuan yaitu membawa peserta didik sukses dalam pembelajaran dan sukses Ujian Nasional. Besar harapan sekolah, para peserta didik memahami tujuan-tujuan tersebut, bagaimanapun semua dilakukan demi mereka. Jadi sangat disayangkan jika mereka tidak hadir bahkan tidak peduli dengan kegiatan yang bermanfaat tersebut.
Coba bayangkan saja jika para guru pembimbing dan guru piket dalam kegiatan peningkatan mutu tersebut kalau disuruh memilih, untuk mengajar atau liburan penuh dirumah? Tentu kalau mereka tidak memikirkan  masa depan peserta didik, pasti menjawab lebih senang tinggal di rumah atau bertamasya dengan keluarga. Tentu saja hal itu sangat berarti bagi istri/suami dan anak-anak bapak ibu guru. 
Kegiatan Peningkatan Mutu nanti akan dilaksanakan dari jam 07.30 sampai jam 10.05 sehingga satu mata pelajaran berlangsung selama 70 menit dan akan ada istirahat selama 15 menit. Dan kegiatan para bapak/ibu belum berakhir sampai di situ, sebab setelah selesai Kegiatan Peningkatan Mutu akan dilanjutkan dengan Workshop Program Linux mulai jam 10.00 sampai selesai. Semoga semua dapat berjalan dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti. Amin. Terus maju dan mari berkembang bersama.

Senin, 12 Desember 2011

CONTOH SURAT IJIN BELAJAR

Ini adalah contoh surat ijin belajar yang bisa anda buat jika anda seorang Pegawai Negeri Sipil yang ingin kembali sekolah, melanjutkan sekolah/kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. http://www.ziddu.com/download/17790883/IjinKuliahrevisi.doc.html Dan ini adalah surat pernyataan http://www.ziddu.com/download/17790884/Suratpernyataankuliahku.docx.html , Terakhir adalah link ke http://www.ziddu.com/download/17790885/suratketerangankepsekku.docx.html Jika anda berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan dan anda seorang pegawai negeri maka anda akan diminta untuk melengkapi syarat-syarat di atas sebagai salah tiga syarat mendapatkan surat ijin belajar dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di kabupaten anda.

Rabu, 07 Desember 2011

CONTOH SOAL ESSAY DAN TIPS SUKSES PLPG BAHASA INGGRIS

Semoga Tips dan Triks ini bermanfaat bagi teman-teman yang belum mengikuti PLPG maupun yang belum lulus pada PLPG yang lalu. Ini bukan kata ahli atau bocoran dari panitia PLPG tetapi cuma curhat atau retell past event. Wong penulis juga telah mengikuti PLPG setelah melalui jalur Portopolio + Tes online tahun 2011 ini tidak lolos. Yah ternyata ada hikmahnya dan ternyata Tuhan tau bahwa ini yang terbaik bagiku termasuk baik untuk menunjang kemampuan atau kompetensiku. Gimana tidak nambah pake persiapan yang buaaaaaaaaaaaaaaanyak sekali;
  1. Persiapan Media Pembelajaran (Real things, Realia, Gambar, Video atau Audio)
  2. Persiapan Karya Tulis Ilmiah
  3. Persiapan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
  4. Persiapan Micro Teaching ( 3 Kali tampil mengajar; 2 Kali latihan dan 1 kali dinilai)
  5. Persiapan Soal Pilihan Ganda (Waktu Pre test dan Post test)
  6. Persiapan Soal Essay (Analisis kasus untuk Pre test dan Post test)
Nah, setelah anda mengetahui medan yang akan anda hadapi maka Tips dan Triks yang dapat saya berikan adalah sebagai berikut :
  1. Mempersiapkan beberapa hari sebelumnya apa yang saya tulis di atas.
  2. Mencoba mencari kenalan atau teman yang telah ikut dan lulus PLPG ini berguna untuk menambah wawasan tentang medan yang akan dihadapi, siapa tau ternyata berbeda dengan kabar yang beredar selama ini.
  3. Untuk Bahasa Inggris, coba latihan mengerjakan soal-soal setaraf Toefl yang dapat didapat dari internet, buku atau sumber yang lain (Tetapi ingat yang listening section tidak perlu dilatih atau didengarkan sebab tidak ada tes listening). Untuk soal-soal ini silahkan mengkhususkan diri belajar memahami teks dan menganalisis soal
  4. Jangan lupa juga untuk mencoba membuat RPP dalam bahasa Inggris, ini akan berguna bagi anda ketika nanti anda menghadapi soal essay, sebab anda nanti akan disuruh membuat skema pembelajaran atau RPP dalam bahasa Inggris (Anda akan diberi soal-soal tentang situasi masalah tentang pembelajaran) Begini contohnya;
  • Mrs. Yanti was an inexperieced English teacher of Senior High School. She wanted determined some indicators and sets the instructional objective of speaking competencies for Grade X students, in her first week. She referred to the first basic competencies of speaking found in Grade X that says " Student should be able to express meaning in transactional conversation which include several language functions such as introducing, inviting, accepting and declining invitation". But she was still wondering how to put her ideas in words for the indicators and objectives.
  • Mrs. Endng was an inexpreienced English teacher of Senior High School. She wanted to determine what materials she was going to use for teaching students Grade X. She referred to the basic competences of list. That says "Students should be able to respond the meaning in interpersonaland transaksional conversation which include several language functional such as: introducing, saying good bye, inviting, accepting and declining invitation" But she was still wondering how to put her ideas in words for materials she was going specify. Mo soal dan jawab lebih lengkap? klik saja link berikut;http://www.ziddu.com/download/17762110/SoalEssayPLPG.docx.htmlNah soal-soal essay semacam itu, ini bukan bocoran cuma ada soal yang seperti itu tahun ini (Teman penulis yang masih sempat-sempatnya menulis, share dan minta tolong untuk menjawabnya....sebab dia belum lulus tahun ini........sst jangan bilang2 ya)
  • 5. .Jangan lupa juga berdoa untuk kesuksesan anda dan juga kesuksesan saya he...(kok bisa?) Sebab bagaimanapun saya telah ikut membantu keberhasilan anda dan juga memecahkan masalah anda he. Akhir kata saya ucapkan................
SEMOGA SUKSES, DAN JADILAH GURU YANG PROFESIONAL




Sabtu, 03 Desember 2011

UJIAN NASIONAL 2012

Dalam tahun pelajaran 2011-2012 ini, kita akan mengadakan Ujian Nasional, baik tingkat SD, SMP atau SMA pada tahun 2012 tepatnya bulan April 2012. Tapi apakah kaliah sudah siap? Jika belum lihat Jadwal Ujian Nasional berikut dan silahkan download beberapa contoh Ujian Nasional tahun lalu, siapa tau dapat menambah wawasan kamu dalam menyongsong momok terberat peserta didik yaitu Ujian Nasional. Padahal sich kalo dipikir-pikir syarat Ujian Nasional tahun ini maupun tahun sebelum tidaklah terlalu berat. Coba saja lihat kriteria  kelulusan tahun ini dan tahun kemarin. Bukankah nilai Ujian Nasional hanya menyumbang 60% untuk kelulusan? Sementara yang 40% nilai diperoleh dari Ujian Sekolah (Rapor kelas + Ujian Praktek) dan syarat satu lagi yaitu nilai rata-rata tidak boleh kurang dari 5,5.So tidak menjadi momok lagi kan? Wong kayaknya kalian lulus itu semakin dipermudah. Btw ini adalah jadwal Ujian Nasional;
  • Ujian Nasional SMA : 16 - 19 April 2012
          Ujian Susulan : 23 - 26 April 2012
  • Ujian Nasional SMP : 23 - 26 April 2012
          Ujian Susulan : 30 April - 4 Mei 2012 
  • USBN SD : 7 - 9 Mei 2012
          Ujian Susulan : 14 - 16 Mei 2012
Pengumuman Ujian Nasional ;
  •  SMA : 26 Mei 2012
  •  SMP  : 2 Juni 2012  
Nah itulah hari-hari penting yang akan kamu lalu dalam hidupmu tetapi pak Joko berharap hal itu kamu lalui sekali seumur hidup pada jenjang pendidikan yang sama. Tidak usahlah kamu mengulang lagi, sebab mulai sekarang Ujian Nasional tidak ada Ujian Ulang yang diperuntukkan bagi peserta didik yang gagal mengikuti atau belum lulus dalam Ujian Nasional. Jika kamu ingin berhasil dalam Ujian Nasional kamu perlu belajar serius dan berlatih soal-soal yang sejenis atau mempunyai bobot soal minimal sama dengan bobot Ujian Nasional. Mau berlatih soal-soal Ujian tahun lalu? Baiklah kamu dapat download soal-soal Ujian Nasional tahun-tahun yang lalu.
Untuk para peserta didik SMA juga ada lho soal-soal Ujian Nasional tahun lalu, silahkan download link dibawah ini jika kamu merasa membutuhkan;
Tapi anak-anakku perlu kalian tau bahwa mungkin saja Ujian Nasional tahun ini berbeda dengan tahun kemaren atau tahun-tahun yang lalu, kenapa? Sebab setiap tahun pemerintah kita melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan selalu mempunyai standar kelulusan (Materi/Kisi-kisi soal) yang selalu berbeda dan mungkin saja tahun ini berbeda bahkan mungkin lebih sulit. Tetapi tidak usah khawatir atau takut, yang penting terus berusaha dan berdoa. Maju terus anak-anakku! Semoga berhasil. Amin

Jumat, 18 November 2011

KODE ETIK PENDIDIK


1.    Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.    Setia kepada Pancasila, UUD 1945, dan negara
3.    Menjunjung tinggi harkat dan martabat peserta didik
4.    Berbakti kepada peserta didik dalam membantu mereka mengembangkan diri
5. Bersikap ilmiah dan menjunjung tinggi pengetahuan, ilmu, teknologi, dan seni sebagai wahana dalam pengembangan peserta didik
6.   Lebih mengutamakan tugas pokok dan atau tugas negara lainnya daripada tugas sampingan
7.    Bertanggung jawab, jujur, berprestasi, dan akuntabel dalam bekerja
8.    Dalam bekerja berpegang teguh kepada kebudayaan nasional dan ilmu pendidikan
9.    Menjadi teladan dalam berperilaku
10. Berprakarsa
11. Memiliki sifat kepemimpinan
12. Menciptakan suasana belajar atau studi yang kondusif
13. Memelihara keharmonisan pergaulan dan komunikasi serta bekerja sama dengan baik dalam pendidikan
14. Mengadakan kerja sama dengan orang tua siswa dan tokoh- tokoh masyarakat
15. Taat kepada peraturan perundang-undangan dan kedinasan
16. Mengembangkan profesi secara kontinu
17. Secara bersama-sama memelihara dan meningkatkan mutu organisasi profesi


TUGAS POKOK DAN FUNGSI GURU


TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
KEPALA SEKOLAH

1.    Kepala Sekolah sebagai Pendidik (Educator)
a. Membimbing guru dalam hal menyusun dan melaksanakan program pengajaran, mengevaluasi hasil belajar dan melaksanakan program pengajaran dan remedial.
b. Membimbing karyawan dalam hal menyusun program kerja dan melaksanakan tugas sehari-hari.
c.  Membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler, OSIS dan mengikuti lomba diluar sekolah.
d. Mengembangkan staf melalui pendidikan/latihan, melalui pertemuan, seminar   dan diskusi, menyediakan bahan bacaan, memperhatikan kenaikan pangkat,  mengusulkan kenaikan jabatan melalui seleksi calon Kepala Sekolah.
e. Mengikuti perkembangan iptek melalui pendidikan/latihan, pertemuan,  seminar, diskusi dan bahan-bahan.

2.    Kepala Sekolah sebagai Manajer (Manager)
a. Mengelola administrasi kegiatan belajar dan bimbingan  konseling dengan memiliki data lengkap administrasi kegiatan belajar mengajar dan kelengkapan administrasi bimbingan konseling.
b. Mengelola administrasi kesiswaan dengan memiliki data administrasi kesiswaan dan kegiatan ekstra kurikuler secara lengkap.
c.  Mengelola administrasi ketenagaan dengan memiliki data administrasi tenaga   guru dan Tata Usaha.
d. Mengelola administrasi keuangan Rutin, BOS, dan Komite.
e. Mengelola administrasi sarana/prasarana baik administrasi gedung/ruang,   mebelair,  alat laboratorium, perpustakaan.

3.    Kepala Sekolah sebagai Pengelola Administrasi (Administrator)
a. Menyusun program kerja, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.
b. Menyusun organisasi ketenagaan disekolah baik Wakasek, Pembantu Kepala Sekolah, Walikelas, Kasubag Tata Usaha, Bendahara, dan Personalia  Pendukung  misalnya   pembina   perpustakaan,   pramuka,  OSIS,   Olah   raga.  Personalia kegiatan temporer, seperti Panitia Ujian, panitia peringatan hari besar nasional atau keagamaan dan sebagainya.
c.  Menggerakkan staf/guru/karyawan dengan cara memberikan arahan dan   mengkoordinasikan pelaksanaan tugas.
d. Mengoptimalkan sumberdaya manusia secara optimal, memanfaatkan  sarana / prasarana  secara optimal dan merawat sarana prasarana milik sekolah.



4.    Kepala Sekolah sebagai Penyelia (Supervisor)
a. Menyusun program supervisi kelas, pengawasan dan evaluasi pembelajaran.
b. Melaksanakan program supervisi.
c.  Memanfaatkan hasil supervisi untuk meningkatkan kinerja guru/karyawan dan untuk pengembangan sekolah.

5.    Kepala Sekolah sebagai Pemimpin (Leader)
a. Memiliki kepribadian yang kuat, jujur, percaya diri, bertanggungjawab, berani mengambil resiko dan berjiwa besar.
b. Memahami kondisi guru, karyawan dan anak didik.
c.  Memiliki visi dan memahami misi sekolah yang diemban.
d. Mampu mengambil keputusan baik urusan intern maupun ekstern.
e. Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tertulis.

6.    Kepala Sekolah sebagai Pembaharu (Inovator)
a. Mampu mencari, menemukan dan mengadopsi gagasan baru dari pihak lain.
b. Mampu melakukan pembaharuan di bagian kegiatan belajar  mengajar  dan bimbingan konseling, pengadaan dan pembinaan tenaga guru dan karyawan,   kegiatan ekstra kurikuler dan mampu melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya manusia di Komite dan masyarakat.

7.    Kepala Sekolah sebagai Pendorong  (Motivator)
a. Mampu mengatur lingkungan kerja.
b. Mampu mengatur pelaksanaan suasana kerja yang memadai.
c.  Mampu menerapkan prinsip memberi penghargaan maupun sanksi hukuman yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
WAKIL KEPALA SEKOLAH


Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.    Menyusun perencanaan, membuat program kegiatan dan program pelaksanaan
2.    Pengorganisasian
3.    Pengarahan
4.    Ketenagaan
5.    Pengkoordinasian
6.    Pengawasan
7.    Penilaian
8.    Identifikasi dan pengumpulan data
9.    Mewakili   Kepala   Sekolah   untuk  menghadiri   rapat   khususnya   yang   berkaitan   dengan  masalah pendidikan
10. Membuat laporan secara berkala
 
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
URUSAN KURIKULUM


Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.    Menyusun program pengajaran
2.    Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
3.    Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran
4.    Menyusun jadwal evaluasi belajar dan pelaksanaan ujian akhir
5.    Menerapkan kriteria persyaratan kenaikan kelas dan ketamatan
6.    Mengatur jadwal penerimaan rapor dan STTB
7.    Mengkoordinasikan, menyusun dan mengarahkan penyusunan kelengkapan mengajar
8.    Mengatur pelaksaan program perbaikan dan pengayaan
9.    Mengatur pengembangan MGMP/MGBP dan koordinator mata pelajaran
10. Melakukan supervisi administrasi akademis
11. Melakukan pengarsipan program kurikulum
12. Penyusunan laporan secara berkala
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
URUSAN KESISWAAN


Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.    Menyusun program pembinaan kesiswaan (OSIS),  meliputi:  Kepramukaan,  PMR,  KIR,  UKS,  PKS, Paskibraka, pesantren kilat
2.    Melaksanakan bimbingan,  pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam  rangka
3.    menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus OSIS
4.    Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi
5.    Menyusun jadwal dan pembinaan serta secara berkala dan insidental
6.    Membina dan melaksanakan koordinasi 9 K
7.    Melaksanakan pemilihan calon siswa berprestasi dan penerima bea siswa
8.    Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
9.    Mengatur mutasi siswa
10. Menyusun dan membuat kepanitiaan Penerimaan Siswa Baru dan pelaksanaan MOS
11. Menyusun dan membuat jadwal kegiatan akhir tahun sekolah
12. Menyelenggarakan cerdas cermat dan olah raga prestasi
13. Membuat laporan kegiatan kesiswaan secara berkala



TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
URUSAN SARANA PRASARANA


Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.    Menyusun program pengadaan sarana dan prasarana
2.    Mengkoordinasikan penggunaan sarana prasarana
3.    Pengelolaan pembiayaan alat-alat pengajaran
4.    Mengelola perawatan dan perbaikan sarana prasarana
5.    Bertanggung jawab terhadap kelengkapan data sekolah secara keseluruhan
6.    Melaksanakan pembukuan sarana dan prasarana secara rutin
7.    Menyusun laporan secara berkala
 
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
URUSAN HUMAS


Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.    Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan dewan sekolah
2.    Membina hubungan antara sekolah dengan wali murid
3.    Membina pengembangan antar sekolah dengan lembaga pemerintah, dunia usaha, dan lembaga sosial lainnya
4.    Membuat dan menyusun program semua kebutuhan sekolah
5.    Koordinasi dengan semua staf untuk kelancaran kegiatan sekolah
6.    Menciptakan hubungan yang kondusif diantara warga sekolah
7.    Melakukan koordinasi dengan semua staf dan bertanggung jawab untuk mewujudkan 9 K
8.    8. Menyusun   program  kegiatan   bakti   sosial,   karya  wisata,   dan   pameran   hasil   pendidikan   (gebyar pendidikan)
9.    Mewakili Kepala Sekolah apabila berhalangan untuk mnghadiri rapat masalah-masalah yang bersifat umum
10. Menyusun laporan secara berkala


TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
KASUBAG TATA USAHA


Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam kegiatan:
1.    Penyusunan program kerja tata usaha sekolah
2.    Pengelolaan dan pengarsipan surat-surat masuk dan keluar
3.    Pengurusan dan pelaksanaan administrasi sekolah
4.    Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
5.    Penyusunan administrasi sekolah meliputi kurikulum, kesiswaan dan ketenagaan
6.    Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah secara keseluruhan
7.    Penyusunan tugas staf Tata Usaha dan tenaga teknis lainnya
8.    Mengkoordinasikan dan melaksanakan 9 K
9.    Penyusunan  laporan pelaksanaan secara berkala

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
WALI KELAS

Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.     Pengelolaan Kelas:
a.     Tugas Pokok meliputi:
·         Mewakili orang tua dan kepala sekolah dalam lingkungan pendidikan
·         Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·         Membantu pengembangan keterampilan dan kecerdasan anak didik
·         Membina karakter, budi pekerti dan kepribadian anak didik
b.    Keadaan Anak Didik
·         Mengetahui jumlah (Putra dan Putri) dan nama-nama anak didik
·         Mengetahui identitas lain dari anak didik
·         Mengetahui kehadiran anak didik setiap hari
·         Mengetahui masalah-masalah  yang dihadapi  anak didik
c.     Melakukan Penilaian
·         Tingkah laku anak didik sehari-hari di sekolah
·         Kerajinan, Kelakuan, dan Kedisiplinan anak
d.    Mengambil Tindakan Bila Dianggap Perlu
·         Pemberitahuan , pembinaan, dan pengarahan
·         Peringatan secara lesan dan tertulis
·         Peringatan khusus yang terkait dengan BP/Kepala Sekolah
e.     Langkah Tindak Lanjut
·         Memperhatikan buku nilai rapor anak didik
·         Memperhatikan keberhasilan/kenaikan anak didik
·         Memperhatikan dan membina suasana kekeluargaan

2.     Penyelenggaraan Administrasi Kelas, meliputi:
a.     Denah tempat duduk anak didik
b.    Papan absensi anak didik
c.     Daftar Pelajaran dan Daftar Piket
d.    Buku Presensi
e.     Buku Jurnal kelas
f.     Tata tertib kelas
3.     Penyusunan dan pembuatan statistik bulanan anak didik
4.     Pembuatan catatan khusus tentang anak didik
5.     Pencatatan mutasi anak didik
6.     Pengisian dan pembagian buku laporan penilaian hasil belajar

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
GURU PEMBIMBING (BK)


Membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan:
1.    Penyusunan dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling
2.    Koordinasi  dengan wali  kelas dalam  rangka mengatasi  masalah-masalah yang dihadapi  anak didik tentang kesulitan belajar
3.    Membgerikan layanan dan bimbingan kepada anak didik agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
4.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada anak didik dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
5.    Mengadakan penilaian pelaksanaan bimbingan dan konseling
6.    Menyusun statistic hasil penilaian bimbingan dan konseling
7.    Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar
8.    Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut bimbingan dan konseling
9.    Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
PUSTAKAWAN SEKOLAH


Membantu Kepala sekolah dalam kegiatan:
1.    Perencanaan pengadaan buku/bahan pustaka/media elektronika
2.    Pelayanan perpustakaan
3.    Perencanaan pengembangan perpustakaan
4.    Pemeliharaan dan perbaikan buku-buku/bahan pustaka/media elektronika
5.    Inventarisasi dan pengadministrasian
6.    Penyimpanan buku/bahan pustaka, dan media elektronika
7.    Menyusun tata tertib perpustakaan
8.    Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
LABORAN


Membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan:
1.    Perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium
2.    Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium
3.    Mengatur penyimpanan, pemeliharaan, dan perbaikan alat-alat laboratorium
4.    Membuat dan menyusun daftar alat-alat laboratorium
5.    Inventarisasi dan pengadministrasian alat-alat laboratorium
6.    Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium secara berkala