Jumat, 20 Juli 2012

JOKI UJIAN:KEJUJURAN YANG TERGADAI

Sungguh mencengangkan ketika penulis membaca berita kemarin bahwa para mahasiswa kedokteran UGM melakukan perjokian masal. Ada 45 calon mahasiswa yang tertangkap sedang mengikuti tes masuk fakultas kedokteran UGM. Dan tidak main-main mereka sudah dikondisikan dan koordinasi dengan sangat profesional. Bagaimana tidak? Mereka menggunakan HP yang sudah dimodifikasi dengan canggih sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menjawab. Perangkat canggih ini telah terhubung dengan operator yang sudah siap dengan kunci jawabannya. Semua akan ditolong karena mereka sudah membuat kesepakatan ketika mereka diterima maka mereka akan membayar sekian juta. Bayangkan jika mereka tidak tertangkap; mereka akan diterima di fakultas kedokteran, ketika mereka lulus dan bekerja, mereka akan hitung-hitungan dengan semua uang yang telah mereka keluarkan termasuk uang untuk jasa si joki. Setelah hitung2 an selesai, apakah mereka dapat berlaku dan bertindak profesional? Apakah mereka dapat menjalankan kode etik kedokteran? Belum tentu. Sebab apa yang mereka mulai dengan cara-cara yang salah, cara-cara yang haram, bagaimana kita dapat mengambil kemanfaatan dari sesuatu yang haram? Semoga mereka menyadari perbuatan mereka. Ini bukan salah para bapak ibu guru, sebab bapak ibu guru tidak pernah mengajarkan untuk meraih cita-cita dengan jalan pintas seperti itu, jalan kotor untuk mendapat profesi yang mulai. Sungguh kita perlu prihatin dengan kejadian ini. Entah apa yang ada dibenak mereka. Semoga ini kejadian yang pertama dan terakhir sebab kita masih butuh banyak orang yang jujur dan berani mengambil resiko dengan kejujurannya walaupun mungkin tidak diterima di fakultas kedokteran UGM. Tetapi kita masih bisa berjalan dengan tegak karena prinsip kejujuran kita itu. Semoga.

BRIDGING COURSE: Program latah?

        Tahun ini nampaknya menjadi tahun pelajaran yang agak berbeda dengan tahun yang lalu. Pasalnya apa? Sebab mulai sekarang para peserta didik baru harus mengikuti apa yang disebut dengan program Bridging Course setelah mereka mengikuti MOS (Masa Orientasi Sekolah). Apakah program ini ada manfaatnya? Ataukah program ini hanya sebuah latah saja? Bukan menjadi rahasia lagi bahwa kebiasaan orang Indonesia adalah jika ada program yang baru dan dikira penting maka program itu akan diadakan. Parahnya lagi kita sering dijadikan tempat ujicoba sebuah program dan ketika program itu belum seluruhnya teraplikasi kita akan berubah lagi dengan program baru yang lainnya. Sungguh memboroskan uang negara. Sama seperti Bridging course (Matrikulasi) ini juga latah dengan program perkuliahan yang mana selalu dilakukan untuk menjebatani dari SMA menuju Perguruan Tinggi atau dari S1 menuju S2.

Rabu, 11 Juli 2012

PENERIMAAN ANAK JALANAN PADA PPDB 2012

Tidak sama dengan penerimaan peserta didik tahun lalu, tahun ini Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan menerima 2 (dua) orang peserta didik baru dari kalangan anak jalanan. Anak jalanan tersebut akan diterima dan dijadikan peserta didik baru diSMP 2 Bambanglipuro. Suatu kehormatan bagi SMP 2 Bambanglipuro untuk dapat mendidik dan membimbing orang-orang yang selama ini termarjinalkan. Bayangkan saja kalau bukan kita siapa lagi yang akan peduli dengan nasib mereka. Bukankah mereka akan lebih liar dan tak terkendali serta tidak terdidik jika mereka kita biarkan berada di jalanan dan berkumpul dengan teman-teman yang mungkin saja mereka lebih besar, berani dan berpengalaman. Sehingga pada akhirnya mereka akan diperlakukan seperti orang dewasa atau mungkin diperlakukan dengan tidak adil karena keterbatasan fisik dan pengetahuan tentang dunia jalanan. Walaupun ini program pemerintah daerah kabupaten Bantul, namun penulis beranggapan bahwa penunjukkan sebuah sekolah adalah dengan perencanaan matang dan telah ditelaah untung ruginya. Dan sekarang menjadi suatu kesempatan bersama bagi SMP 2 Bambanglipuro untuk menunjukkan pada dunia..ciile..bahwa SMP 2 Bambanglipuro sanggup melaksanakan tugas tersebut dan dapat menunjukkan keprofesionalan dalam melayani siapun untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan bermutu. Semoga semua dapat berjalan lancar dan sukses sesuai harapan sekolah, masyarakat dan dunia. Amin

KALENDER PENDIDIKAN TA 2012-2013

Pada kesempatan ini penulis hanya akan memuat Kalender Pendidikan Tahun 2012-2013 Kabupaten Bantul untuk jenjang SMP dan SD. Kenapa? Karena baru itu yang didapat penulis dalam penulusuran tentang Kalender Pendidikan. Semoga tidak terlalu terlambat sebab tinggal 5 (lima) hari lagi para peserta didik baru dan lama akan menjalani proses belajar mengajar. Bukankah ada pepatah mengatakan lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, ya..semoga itu bukan menjadi alibi penulis untuk menghindar dari keterlambatan upload Kaldik ini. Bagaimanapun semoga bermanfaat bagi semua pembaca, karena idealnya kalender pendidikan digunakan untuk membuat jadwal pelajaran dan menghitung jam pelajaran dalam 1 (satu) tahun ke depan. Dari penglihatan sekilas penulis tidak ada banyak perubahan dari kalender pendidikan tahun kemaren. Yang jelas sebentar lagi setelah Masa Orientasi Siswa (MOS) para peserta didik akan libur selama 3 hari sebagai libur awal bulan Ramadhan ( 1 hari sebelum puasa dan 2 hari awal puasa), kemudian mereka akan libur lagi 6 (enam) hari sebelum Idul Fitri, 2 (dua) hari Idul Fitri dan lagi 6 (enam) sesudah hari Raya Idul Fitri. 
Itulah sekilas penglihatan penulis tentang Kalender Pendidikan tahun 2012-2013 untuk jenjang SMP di Kabupaten Bantul. Dan untuk rekan-rekan yang menginginkan file Kalender Pendidikan tersebut dapat mendownload pada link berikut:
O..iya untuk informasi saja bahwa mulai tahun ini, kabupaten Bantul akan mengadakan Bridging Course yaitu pembelajaran Matrikulasi [Pengenalan awal mata pelajaran, khususnya 4 (empat) mata pelajaran yang di Unaskan;Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA] kepada para peserta didik baru. Harapannya mereka tidak kaget dan mungkin syok ketika mengalami atau mengikuti proses belajar mengajar 4 bidang studi tersebut di kelas. Untuk info lebih jauh tentang Bridging Course simak terus postingan selanjutnya. Nuwun.

Kamis, 24 Mei 2012

SPSS 17: Belajar menganalisis yuk?

Ini adalah postingan tentang SPSS, walaupun judulnya SPSS 17 namun saya juga akan memberikan materi SPSS 13. Materi dan Program ini saya dapat ketika saya mengikuti Pelatihan SPSS di STIE Nusa Megarkencana di Jl A.M Sangaji. Wuih...ck..ck sungguh menarik untuk dicobakan dalam mengolah data saat kita membuat karya tulis ilmiah, skripsi, thesis atau yang lain. Yang jelas karena kita coba sendiri maka semua akan gratis kecuali secangkir kopi dan makanan ringan untuk menemani kita entry data. Harapan saya program SPSS 13 dan SPSS 17 dapat saya upload, tetapi memang keterbatasan saya mengupload yang belum terampil. Tetapi jangan khawatir saya akan terus mencoba untuk mengunggah program-program tersebut. Sebagai obat kekecewaan saya akan berikan beberapa artikel seputar SPSS, termasuk bagaimana cara menginstall di komputer anda.

Minggu, 20 Mei 2012

DIKLAT PENGEMBANGN MATERI/BAHAN AJAR

Mulai hari ini, Senin 21 Mei 2012 sampai hari Jum'at 25 Mei 2012, penulis mengikuti Diklat Pengembangan Materi /Bahn Ajar yang diselenggarakan oleh Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Dinas Dikpora DIY. Pendidikan dan Pelatihan ini diperuntukkan bagi 480 orang guru SD dan SMP, yang tergabung  sebagai sekolah penerima Program ICT-EQEP. dan penulis termasuk angkatan yang ke-5. 
Pendidikan dan Pelatihan hari ini dimulai dari jam 07.30 WIB dan katanya nanti penulis akan belajar membuat bahan ajar dengan menggunakan program Lectora. Katanya pula Program Lectora yang hanya dapat dijalankan pada program Linux ini, fasilitasnya lebih komplet dibandingkan dengan penyajian materi/bahan ajar menggunakan Power Point yang dijalankan menggunakan Microsoft. Semoga saja penulis dapat membuat bahan ajar yang applicable dan dapat diterima oleh para peserta didik nantinya. Amin
Penulis merasa pernah mempublish tentang Program Lectora tetapi mungkin belum lengkap so ini publikasi yang terakkhir dan semoga yang terlengkap karena disini akan saya upload tutorial membuat media pembelajaran dengan Program Lectora. Ok..bagi yang membutuhkan silahkan download semua Tutorial dibawah ini:
1. Tutorial Lectora Lengkap
2. Lectora Fitur 2
3. Lectora Fitur 3
4. Pembuatan Materi Uji
5. Lectora Publikasi hasil
Semoga kelima Tutorial di atas dapat melengkapi Pelatihan Lectora sebelumnya yang telah saya tulis..

Jumat, 18 Mei 2012

SENAM JUM'AT PAGI

 Setiap Jum'at pagi kami mengadakan apa yang kami sebut Senam Pagi. Berhubung tetap ada kegiatan belajar mengajar maka kami harus datang ke sekolah lebih awal sehingga jam 6.30 wib sudah bisa dimulai. Memang sich jam pulang agak siang dikit tapi masih dapat sholat Jum'at tanpa terlambat. Khan pulangnya jam 11.05 menit. Kami mulai kegiatan belajar mengajar jam 7.30, cukuplah bagi kita untuk persiapan, sarapan dan istirahat selama 20 menit sebelum bel jam pertama berbunyi. 
Bagi para guru kelas IX mungkin agak santai dikit sebab sudah tidak ada jam mengajar lagi, khan peserta didik kelas IX sudah selesai belajarnya di kelas itu. Mungkin banyak yang sudah tau bahwa pepatah mengatakan didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Tetapi sayangnya masih banyak peserta didik yang malas-malasan untuk menggerakkan badannya mengikuti irama musik senam. Gak tau kenapa? Apa mereka malu ya? Tetapi malu sama siapa pak/bu guru saja semangat dan tanpa malu-malu bergerak dengan sepenuh hati dan tenaga. Ayo contohlah para bapak/ibu guru biar kalian sehat setiap saat dan dapat meningkat daya konsentrasi belajar kalian. Toh pada akhirnya kalian juga yang merasakan keuntungannya. Apa perlu diberi punishment dulu biar kamu mau gerak? Tentu tidak perlu khan?

Jumat, 13 April 2012

AMT (Achievement Motivation Training) at school

 Jum'at, 13 April 2012 hari ini diadakan pelatihan motivasi berprestasi (AMT), kita juga tidak main-main untuk mengadakan acara ini dengan mendatangkan seorang Trainer, Motivator dan Counselor yang sudah cukup laris di daerah Yogyakarta. Motivator tersebut adalah Bp. Eko Wahyu Prasetyo, M.Psi. Ketika Beliau mengisi acara AMT, anak-anak nampak antusias dan yang membuat kami semua agak tercengang adalah ketika anak-anak yang pada waktu sebelumnya duduk tenang, tertunduk dan berhadap-hadapn, satu persatu mulai berjatuhan dan tertidur. Masuk ke dalam alam bawah sadar mereka. Semua peserta nampaknya larut dalam skema dan setting Bapak Eko...Hebat...hebat..dan saat semua siswa tersadar mereka diminta untuk menuliskan semua beban yang ada dalam pikiran dan hatinya. Setelah tertulis mereka diminta untuk membuangnya jauh-jauh...Harapannya adalah bahwa beban-beban itu secara simbolis dan persepsi telah terbuang. Maka dari persepsi yang hilang tersebut diharapkan anak-anak tidak terbebani karena stigma beban hilang harus terkirim ke alam bawah sadar mereka sehingga mereka bisa berkosentrasi kepada satu tujuan yaitu belajar yang rajin dan mendapatkan sekolah yang didambakan.
Acara AMT dimulai jam 8.00 mundur dari jadwal yang telah ditetapkan karena satu dan 2 hal yang harus disiapkan. Dalam bayangan kami sebagai panitia, durasi pemaparan pak Eko mungkin hanya 1 1/2 jam tetapi ternyata cukup lama... yah..kurang lebih 2 1/2 jam. Biarpun begitu saya rasa sangat bagus untuk mengembalikan konsep berpikir dan memahai siapa dirinya serta apa kekurangan dan kelebihan masing2. Lamanya acara itu membuat acara berikutnya mundur dan sebagai imbasnya adalah acara permainan dihilangkan untuk efisiensi apalagi anak-anak harus mengikuti TPM sore jam 13.30 WIB.
Sementara jadwal dan modul AMT dapat anda download pada link dibawah ini:
1. Jadwal
2. Modul AMT khusus kelas Bilingual.
Semoga file-file di atas bermanfaat bagi para pembaca semua. Amin.

Selasa, 20 Maret 2012

Pelatihan Media Video Pembelajaran


Pada hari Senin, 19 Maret 2012 aku mengikuti pendidikan dan pelatihan membuat media video pembelajaran di Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Jalan Kenari 2 Yogyakarta 55166; Telp (0274) 517327, e-mail:info@btkp-diy.or.id selama 5 hari ( Tanggal 19 - 26 Maret 2012). Namun sebenarnya jadwalnya lebih lama dari yang tertulis di dalam undangan peserta. Acara tepatnya seperti berikut:
  1. Hari/Tgl : Selasa - Rabu : 20 -21 Maret 2012 
    •  Indentifikasi SK dan KD, Mata pelajaran, Kelas dan Semester serta Penulisan 
  2. Hari/Tgl : Kamis - Ahad : 22 - 25 Maret 2012
  3. Hari/Tgl : Senin, 26 Maret 2012
  4. Hari/Tgl: Selasa - Kamis : 27 - 29 Maret 2012
  5. Hari/Tgl: Jum'at, 30 Maret 2012 
    • Pengembalian dan Pengambilan revisi Naskah
  6. Hari/Tgl : Sabtu -Ahad : 31 Maret - 1 April 2012
  7. Hari/Tgl : Senin, 2 April 2012
Nampaknya padat bener acaranya, tetapi sebenarnya mengasyikkan hanya membutuhkan kesabaran, kreatifitas dan kerja keras. Bagi para pembaca yang menginginkan modul atau bahan Diklat dapat mendownload link di atas. Harapan saya, akan semakin banyak produk-produk Media Video Pembelajaran yang ada di Indonesia. Dan tentu saja video-video media pembelajaran nanti bermanfaat bagi kemajuan kompetensi peserta didik kita. Amin.

Senin, 19 Maret 2012

FIELDTRIP KE SMK

Melihat Lukisan
Acara hari ini cukup panjang bagi para peserta didik kelas VIIE dan VIIIE, mereka dari pagi jam 08.00 berangkat ke SMKI dan SMSR Yogyakarta. Mereka naik 2 Bis dengan 5 pendamping yaitu Ibu Kusparyani, S.Pd, Ibu Suprapti, S.Pd dan Bapak Darsono, S.Pd sebagai guru Seni Budaya. Merekalah para guru yang mempunyai gawe mengadakan fieldtrip ke SMK kali ini. Dan ada 2 guru lagi sebagai Wali kelas VII E, Ibu Rusti Hartini dan Wali kelas VIIIE, Ibu Rusidah, S.Pd yang ikut mendampingi. Program ini adalah program yang masih baru dan pertama kali diadakan untuk menggali pengetahuan para peserta didik mengenai Seni Budaya. Dan memang benar banyak ilmu yang dapat dipelajari sebagai salah satu contoh adalah cara mewarnai sebuah gambar atau batik. Di SMK, mereka banyak menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan dan dapat diperoleh di sekitar kita, berbeda dengan pengusaha-pengusaha Batik yang cenderung menggunakan zat kimia. Kunjungan pertama mereka adalah SMKI atau tepatnya SMKN 1 Kasihan, para peserta didik dapat melihat berbagai hasil karya yang inovatif, kreatif dan indah. Setelah puas melihat-lihat hasil karya peserta didik SMSR, para peserta didik SMPN 2 Bambanglipuro melanjutkan studi lapangan ke SMKI. Namun karena waktu sudah menunjukkan pukul 11.30, terpaksa peserta didik beristirahat sebentar untuk makan dan sholat. Untungnya disekitar sekolah tersebut terdapat sebuah Masjid yang representatif untuk melaksanakan sholat Dhulur.O...iya di SMSR kita juga melihat berbagai karya seni 3 Dimensi (baca: patung) dan juga para peserta didik SMPN 2 bambanglipuro belajar menggambar di tempat itu, dengan didampingi beberapa guru gambar. Setelah cukup beristirahat kamipun melanjutkan studi lapangan ke SMKI. Nah disini kami akan belajar bagaimana membuat Pola lantai berkelompok dengan diiringi oleh gamelan. Ada 2 guru Seni Tari yang mengajari kami menari dan juga ada beberapa siswi SMSR yang ikut membimbing para peserta didik SMPN2 Bambanglipuro belajar menari dan membuat koreographi serta iringan musiknya. Para peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 8 orang; 4 orang belajar menari dan 4 orang lagi belajar membuat instrumen atau musik yang mengiringi tarian tersebut. Setelah dibimbing oleh para kakak SMSI, tibalah para peserta didik untuk mempresentasikan hasil karya mereka. Satu-persatu kelompok tampil dan nampaknya mereka antusias serta sungguh-sungguh mencoba menampilkan hasil karyanya. Walaupun memang ada beberapa yang masih kaku menari, tetapi wajarlah bahwa menari membutuhkan latihan dan keuletan sehingga gerak badannya bisa lentur.Tak terasa waktu berjalan begitu cepat, ketika kami melihat jam dinding ternyata sudah pukul 14.30 Wib. Wah sore amat ya? Untungya semua peserta didik sudah menampilkan kreasinya bersama kelompoknya. Akhirnya kami berpamitan dengan guru pembimbing seni tari SMKI/SMKN 1 Kasihan; Bapak Toro dan Ibu Erna serta kakak di SMKI. Semoga ilmu yang kita dapatkan hari ini berguna bagi kemajuan dan kelestarian budaya bangsa yang adiluhung ini. Kalau bukan kita sebagai generasi muda, siapa lagi yang akan mencintai dan melestarikan budaya kita.

Studi Lapangan Kelas VII

Koordinasi Keberangkatan
Minggu, 18 Maret 2012 kelas 7 mengadakan fieldtrip ke beberapa obyek edukasi di Yogyakarta dan di Sragen Jawa Tengah. Untuk di Yogyakarta, para peserta didik mengunjungi beberapa tempat yang dapat menemukan ilmu pengetahuan. Pertama, mereka mengunjungi Yogyakarta Palace (Kraton Ngayogyakarta), mereka nampak antusias mengantri di depan pintu masuk. Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh para pengunjung termasuk para peserta didik yaitu DI LARANG MEMAKAI TOPI. Ternyata pagi itu mereka tidak sendirian sudah banyak pengunjung yang interest dengan keagungan dan keunikan Keraton Yogyakarta. Setelah berkeliling mengamati, mencatat dan mendapatkan informasi dari Tour Guide Keraton, para peserta didik keluar lingkup kraton dan berjalan menuju Museum Sono Budoyo, untuk melihat peninggalan seni yang adiluhung. Mereka berjalan melewati alun-alun utara, yang saat itu baru ada acara Carnival SCTV, untung para peserta didik tidak terlalu tertarik dengan aksi panggung para selebritis ibukota. Ya..karena mereka memang bertujuan untuk menggali ilmu pengetahuan yang ada diluar ruang kelas. Khususnya mereka ingin melihat langsung, membuktikan dan mendekatkan ilmu dengan realitas yang ada di lapangan. Kunjungan kedua, para peserta didik diajak ke Museum Sonobudoyo. Sebelum mereka masuk ke area pameran karya seni, ada penjelasan dari kepala Museum Sonobudoyo. Dia menjelaskan tentang luas area, macam-macam karya seni dan lokasi atau daerah karya itu berasal. Anak-anak nampaknya bersemangat mewancarainya. Mereka saling dorong karena mereka membutuhkan informasi yang harus mereka tuangkan dan isikan dalam Lembar Kerja Siswa (LKS). Apalagi pada hari Senin, 19 Maret 2012 sampai Selasa, 27 Maret 2012, mereka libur. Jadi mereka dapat mengerjakan tugas-tugas dalam waktu 8 (Delapan) hari. Khan mereka masuk lagi hari Selasa, 28 Maret 2012. Kunjungan selanjutnya adalah Taman Pintar. Di sini juga banyak ilmu pengetahuan yang dapat ditemukan dan dipelajari oleh para peserta didik. Mereka dapat mempelajari ilmu eksata dan illmu-ilmu yang lain. Taman Pintar tendiri dari 2 lantai dan 2 lokasi.  Ada beberapa zona di Taman Pintar yaitu Playground, Gedung Paud Barat, Gedung Paud Timur, Gedung Memorabilia dan Gedung Oval-Kotak. Karena para peserta didik sudah tingkat SMP, maka yang mereka lihat dan kunjungi adalah Gedung Memorabilia dan Gedung Oval atau Kotak. Di gedung Memorabilia, terdisplay beberapa Tokoh Nasional termasuk para presiden yag masih berkuasa maupun yang telah lengser seperti Ir. Soekarno, Soeharto, Gusdur, Megawati dan SBY. Lokasi ke 2  atau Gedung Oval-Kotak terdiri dari 2 lantai, lantai pertama mempersembahkan dari dunia air, dinosaurus, Planet, penemuan-penemuan eksak dan lantai kedua banyak penemuan-penemuan di bidang teknologi termasuk teater 3 Dimensi, Kelistrikan, Magic step, Gamelan dan Perpustakaan. Rasanya komplet mempelajari ilmu pengetahuan disini untuk tingkat SMP. Namun bagaimanapun kita telah melihat dan mengenal binatang Prasejarah di Taman Pintar, kita merasa belum komplet jika belum melihat budaya dan kehidupan manusia purba atau nenek moyang kita. Oleh karena itu kita perlu melengkapi ilmu yang kita dapat di atas dengan mengunjungi tempat yang satu ini. Ya...benar. ke Sangiran, yaitu situs Purba. dan ini merupakan kunjungan Terakhir. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Sangiran adalah tempat di mana ditemukan orang-orang jaman prasejarah atau primitiv serta binatang Purba. Katanya, orang-orang inilah yang menjadi nenek moyang manusia tetapi apakah benar? Masak dulu kita seperti itu? ya Wallahu'alam.O..iya tempat satu lagi yang perlu kita kunjungi yaitu Gardu Pandang. Memang tempatnya tidak jauh dari Museum Sangiran itu sendiri, tetapi yah..jalannya kurang landai dan nyaman. Karena untuk belok dari museum Sangiran kita agak kerepotan apalagi pake acara nanjak segala. Tetapi akhirnya nyampe juga. Dan hanya bis kita yang ada jadi suasana kelihatan sepi tanpa pengunjung yang laen. Di sini kita dapat melihat pemutaran film tentang kisah kehidupan manusia purba. Sebelum sampai rumah kami mampir membeli oleh-oleh karena di Sragen tidak ada makanan yang khas. Maka kami membeli oleh-oleh di dekat JEC. Yah akhirnya juga oleh-oleh dari daerah sendiri, bedanya cuma lebih mahal he....Sampai di sekolah kira-kira pukul 08.30 malam. Setelah semua beres kamipun pulang ke rumah masing-masing. See you on next fieldtrip!

FIELDTRIP KE PENGUSAHA BATIK

Dapur Pembuatan Batik
Jum'at 9 Maret 2012, kelas Bilingual mempunyai kegiatan yaitu Fieldtrip (Studi Lapangan) ke pengusaha Batik Sri Sulastri di Ngeblak Rt.01 Wijirejo, Pandak, Bantul. Nampaknya para peserta didik menikmati sekali pengalaman belajar langsung bagaimana membuat Batik kepada ahlinya. Kalau dipikir-pikir memang pembelajaran tidak identik dengan ruang kelas, kursi, papan tulis dan kapur, karena belajar dapat juga dipraktekkan bukan sekadar teori. Harapan sekolah adalah kegiatan ini bisa dijadwalkan sebagai acara tahunan dan dapat mengakselerasi kemampuan peserta didik. Saat ini memang baru kelas Bilingual yang mencoba studi lapangan namun kedepannya kegiatan ini akan diimbaskan ke kelas-kelas yang lain toh semua peserta didik berhak mendapatkan pembelajaran yang inovatif, creative dan efektif. Perlu didorong para guru untuk mengembangkan diri dan mencoba mencari koneksi dengan pihak luar atau instansi lain sehingga peseta didik mendapatkan variasi pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Memang tidak mudah mengadakan program fieldtrip karena memerlukan koordinasi yang baik dan menguras tenaga, pikiran serta dana. Sekilas program ini singkat dan mudah dilakukan tetapi mengingat yang terlibat ini banyak, mau tak mau harus direncanakan dengan matang sehingga mendapatkan hasil seperti yang kita inginkan. Dan nampaknya tujuan pembelajaran tersebut dapat tercapai apalagi ditunjang oleh Lembar Kerja Siswa (LKS) yang harus para peserta didik kerjakan setelah mengikuti fieldtrip ini. Ada 2 tugas yang harus mereka kerjakan, pertama adalah tugas Bahasa Inggris; dimana mereka harus menceritakan bagaimana cara membuat batik dalam bahasa Inggris, Kosa kata baru yang mereka temukan disana, apa kesan mereka dengan fieldtrip tersebut, dan apa saran mereka untuk fieldtrip selanjutnya. Itu adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus mereka jawab dalam bahasa Inggris. Kemudian mereka juga harus membuat sebuah pola yang mereka temukan di tempat fieldtrip tersebut. Tugas ini diberikan oleh guru Batik yaitu Ibu Sumarmi. Untuk anda yang ingin mempunyai Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat mendownloadnya. Klik saja Lembar Kerja Siswa ini.

Minggu, 19 Februari 2012

GURU GO BLOG DENGAN ACER ASPIRE S3

Teknologi pada akhirnya menjadi pemanis dan pembuat lancar, mudah, murah serta menarik bagi siapapun dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.Tidak terkecuali bagi para guru yang saat ini dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi. Jaman telah semakin maju, guru dapat menfaatkan fasilitas dan kemajuan tersebut untuk menunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Dan salah satu fasilitas dari kemajuan teknologi tersebut adalah tersedianya sebuah blog di internet. Aneh sekarang ini bila seorang guru tidak mengenal apa itu blog. Padahal blog dapat dipergunakan untuk proses belajar mengajar. Namun bagaimanapun blog atau teknologi apapun tidak bisa menggantikan peran seorang guru yang signifikan di hadapan peserta didik. Teknologi hanya sebagai fasilitas yang mempermudah, menarik dan menyenangkan bagi seorang guru untuk berinovasi dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu guru sekarang ini dituntut untuk menguasai sebuah teknologi yang dinamakan komputer jinjing atau laptop. Ada berbagai merek dan ukuran laptop yang sekarang beredar di pasaran. Sebagai seorang guru yang mobilitasnya tinggi dan frekuensi menggunakan laptop tersebut cukup tinggi, maka alangkah baiknya jika kita mesti pandai-pandai memilih jenis laptop yang beredar. Kita lebih baik memahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan serta spesifikasi dari produk itu. Jangan sampai kita menyesal setelah membelinya. Cuma saran nich buat kamu semua, kalo beli laptop cari saja notebook merk Acer. Berdasarkan pengalaman, info teman dan berbagai sumber katanya notebook yang paling ciamik buat kita-kita tuch notebook Acer, dan produk yang terbaru dengan beberapa keunggulannya ya..Acer Aspire S3. Bayangin dech keunggulan berikut ini:
1. Size : ukurannya itu tipis banget sehingga tidak akan membebani kita ketika kita bawa. Nah karena tipisnya itu kita tidak akan kesulitan menaruh barang lain ditas kita. Denger-denger beratnya tidak lebih dari 1,35 kg. Wow..unbelievable. Tetapi.jangan salah biarpun bentuknya tipis tetapi memiliki durabilitas seperti baja yang mana didesain menggunakan airflow terbaru untuk efisiensi suhu yang ada.
2. Speed :  untuk koneksi cepat melalui WiFi, produk ini hanya memerlukan waktu 2,5 detik dan ini jelas 4 kali lebih cepat dari notebook konvensional yang ada. Hanya hitungan detik man..yang diperlukan untuk mendeteksi hotspotnya. Tidak itu saja dalam keadaan Sleep dan Deep Sleep, produk ini hanya butuh waktu antara 2 - 6 detik untuk On atau beroperasi secara cepat dan akurat. Kok bisa ya? Ya tentu bisa karena Aspire S3 dilengkapi dengan fasilitas Acer Instant Connect dan Acer Green Instant On.
3. Strength : Yang ketiga tak kalah pentingya yaitu ketahanan bateray saat digunakan. Produk ini dapat digunakan selama 6-7 jam secara berturut-turut atau dapat juga dikatakan bahwa produk ini tahan selama 50 hari jika digunakan fasilitas Acer Green Instant On.Sudah bateraynya awet, prosesor Acer Aspire S3 bervoltrase rendah sehingga tidak boros listrik.
Tuch kan? Kurang apalagi notebook yang ada sekarang ini belum tentu ada fasilitas yang saya sebutkan di atas. Fasilitas dan kualitas tentu telah dijamin oleh Acer, sebagai produsen terpercaya di Indonesia. Tunggu apalagi ..Ayo beli Acer Aspire S3 sebelum kita go blog betulan he...Dengan blog yang kita buat kita dapat membuat virtual class, menayangkan tugas atau hasil tugas siswa, memberi tugas atau memberikan informasi-informasi lainnya yang mungkin saja khusus untuk kelas atau sekolah tersebut dan fungsi-fungsi lain dapat ditambahkan untuk membimbing dan mendidik peserta didik kita. So  guru go blog dengan Acer Aspire S3 akan membuat guru semakin asyik dengan perangkat yang praktis, penuh fitur namun tetap compact ini. Selamat berjuang wahai para guru di Indonesia.

Sabtu, 18 Februari 2012

PAK NILAIKU KOK JELEK?

Pertanyaan itu yang sering dilontarkan oleh beberapa mahasiswaku, entah melalui telepon atau hanya sekedar sms. Itu sah-sah saja tetapi yang tidak disadari para mahasiswa adalah bahwa ada beberapa faktor atau kriteria untuk menentukan sebuah nilai, khususnya bahasa Inggris. Kriteria atau faktor yang harus dipenuhi oleh seorang mahasiswa untuk mendapatkan nilai yang memuaskan adalah nilai writing, speaking (speech), listening dan reading (Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester). Ada satu tes atau kriteria yang tidak terpenuhi maka akan mempengaruhi jumlah akhir nilai. Padahal sebagai seorang dosen, saya telah memberitahukan dan membuat kesepakatan bagaimana cara penilaian (berapa % untuk quiz, Tugas, UTS, UAS dan presensi). Dan parahnya lagi seorang mahasiswa yang merasa pandai dalam satu skill merasa bahwa dia pantas mendapat nilai A. Terus terang saja bahwa nilai yang saya buat telah saya masukkan ke dalam skema atau rumus yang telah disepaki di awal pembelajaran yaitu dengan persenan yang telah disepakati. Tetapi ya itu tadi...para mahasiswa telah melupakan kriteria atau rumus perhitungan nominal nilai akhir yang akan diwujudkan dalam nilai kualitatif (A, B, C, D dan K). Kemudian jika para mahasiswa  mendapat nilai D dan K alangkah baiknya kalau dia rela mengulang atau mengambil mata kuliah bahasa Inggris lagi dan tentunya dia harus lebih rajin berangkat. Sehingga tidak ada kekecewaan di akhir pembelajaran.

Senin, 06 Februari 2012

MAU EKSIS DI INTERNET? PAKE AXIS

Mungkin cerita ini nanti tidak mudah untuk anda percaya, padahal ini adalah apa yang aku alami sendiri. Bayangkan saja, sejak aku mengenal internet, khususnya dengan fasilitas AXIS, si praktis dan ekonomis, nampaknya hidupku banyak berubah. Mau tau perubahan tersebut? Ok ikuti penuturanku ini:
1. Punya wawasan lebih dalam dan lebih luas
    Tahukah anda bahwa banyak program, artikel, e-book dan materi pelajaran yang saya dapatkan dari internet. Sebagai seorang guru aku perlu meng update dan meng up grade semua pengetahuanku. Saya dapat  mendownload video youtube (www.youtube.com/how to make) yang sesuai dengan pembelajaran juga dari internet seperti video pidato bahasa Inggris dan video-video tentang membuat sesuatu (Procedure texts), mendownload film (www.ganool.com) atau (www.indowebster.com), nonton TV (www.mivo.tv), mendengarkan radio  (www.jogjastreamers.com) dan tentu saja materi bahasa Inggris (www.realenglish.com) serta alamat-alamat yang lainnya. Bukankah mengagumkan? O..iya kita juga bisa membuat virtual class untuk peserta didik dengan memanfaatkan fasilitas dari Moodle (http://moodle.org/) yang tentu saja sangat inspiratif dan mengasyikkan.
2. Bertemu teman lama
    Ini mungkin kelihatan konyol tetapi nyata adanya. Aku sudah berpisah dengan seorang teman dekat, kami   kehilangan kontak satu dengan yang lain hingga muncul ideku untuk sekedar memasukkan namanya di engine search pada fasilitas facebook dan Alhamdulillah ternyata namanya ada. Tanpa menunggu waktu yang lama, saya add namanya di account facebookku dan ternyata dia tau dan menerimanya sehingga sampai detik ini kami sering curhat dan cerita tentang diri kami. Pokoknya internet sesuatu banget.
3.Bisa menambah saudara
   Ada cerita lain yaitu ketika seorang teman akan mengikuti PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru), dia mencari bahan-bahan di internet. Karena saya sering memuat dan menulis apapun yang saya rasa penting di blog, termasuk memasukkan beberapa pengalaman dan bahan-bahan yang saya dapatkan ketika mengikuti PLPG dalam blog saya ini. Teman saya tadi mencari bahan-bahan untuk PLPG dan tanpa sengaja menemukan blog saya. Ia rupanya tidak lupa dengan nama dan wajah saya yang terpampang di blog ini sehingga ia pun membaca alamat saya yang tertera dalam blog tersebut. Singkat cerita ia pun main ke rumah sekalian meminjam beberapa buku dan copy paste materi-materi PLPG. Akhirnya melalui internet, terjalinlah silahturahmi antara kami yang tentu saja dapat menambah panjang umur kita. Semoga. Amin. Itulah ceritaku dan ternyata banyak untungnya menjadi guru GO BLOG. Tetapi jangan lupa kalau mau tetap eksis pakailah AXIS yang praktis, murah dan cepat. Wuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuus..........


CONTOH VIDEO TENTANG PROCEDURE TEXT

Ini adalah salah satu video yang dibuat oleh peserta didik saya, saya pikir ini adalah best of the best. Kesungguhan membuat video tercermin dari hasil yang maksimal dan bagusnya tampilan sehingga sangat cocok untuk saya pajang di sini sebagai satu contoh yang baik. Harapan saya ini akan memotivasi peserta didik saya yang lain untuk membuat video yang sama atau bahkan lebih bagus dari ini. Perlu diketahui bahwa saya memasang video ini atas ijin orang bersangkutan dan saya yakin ini tidak akan menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan. Semoga. Akhir kata selamat menikmati contoh video "How to make Iced Tempe".  Bagaimana cara membuat es tempe? Anda ingin mencoba sesuatu yang tidak biasa? Sesuatu yang nampaknya kurang lazim dibuat es ya...itu adalah es tempe..tentang rasanya tentu saja pasti enak...Karena ada orang yang berani mencoba resep tersebut..Saya rasa sesekali kita makan atau minum sesuatu yagn diluar kebiasaan sehingga membuat lambung dan tentu saja cacing shock merasakan sensasi rasa yang aneh..dan mungkin enak bagi kita tetapi belum tentu enak bagi para cacing di perut. O..iya saya ingat bukankah tempe mengadung banyak gizi yang dapat membantu keseimbangan tubuh kita. Jadi tunggu apalagi mari kita coba Es Tempe




Jumat, 03 Februari 2012

Membuat Storyboard untuk RPG Game

Kalo barusan anda belajar membuat skenario, nah sekarang anda akan membuat Storyboard. Katanya membuat Storyboard lebih sulit dan lebih rumit dibandingkan membuat skenario. Kalo skenario itu ibarat embrionya kalo storyboad adalah biangnya he...Tetapi jangan kuatir saya punya contohnya dan ini contoh merupakan Tugas Akhir saya ...silahkan digunakan untuk apa saja tetapi ingat bahwa anda perlu memodifikasi biar tidak dianggap plagiator sayangkan nama sudah bagus dan bersih tercemar hanya gara-gara masalah sepele. Jadi silahkan di kembangkan atau dikurangi bila tidak sesuai dengan pendapat anda. Intinya ini adalah contoh Storyboard punya saya mo dipake silahkan mo enggak juga sayang he..

STORYBOARD GAME RPG (GAME EDUKASI)
1.      Judul Game : The Adventure of Gatotkaca
2.      Tingkat: SMP- Kelas 9/3. Materi diambil dari buku Let’s Talk , Tahun 2007 Pengarang Bachtiar Bima dkk, Penerbit PT.Pakar Raya : Bandung
3.      Mata Pelajaran: Bahasa Inggris dengan materi Teks Narrative
Standar Kompetensi     : 8.Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari..
Indikator                     : 8.2.1.Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative
 8.2.2. Mengidentifikasi tujuan komunikatif dan langkah retorika teks monolog berbentuk narrative
 8.2.3. Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks narrative
4.      Deskripsi Game: Game ini termasuk game pendidikan atau game edukasi, khususnya pelajaran Bahasa Inggris. Jenis game ini adalah game petualangan. Pemain yang dimainkan adalah pemain tunggal (single player), yaitu Gatokaca adalah tokoh utama sebagai seorang petani, Prabu Dasamuka adalah seorang raja Hastina, Srikandi adalah putrid Prabu Dasamuka, Ki Sengkuni adalah seorang pertapa yang membantu Gatotkaca dan Burisrawa adalah seorang pencuri perhiasan.
5.      Cerita Singkat:
Game ini bercerita tentang seorang putri raja (Srikandi) yang kehilangan sebuah perhiasan berharga di istananya. Kemudian sang  Raja (Prabu Dasamuka) mengadakan sayembara bagi siapa saja yang menemukan perhiasan tersebut akan diberikan sebidang tanah dan menjadi suami Srikandi. Sementara itu, seorang pemuda dari desa, Gatotkaca, mencoba mengikuti sayembara tersebut. Sebelum Gatotkaca dapat mengikuti sayembara itu, ia harus menjawab 3 pertanyaan dari Penjaga Istana. Jika ia dapat menjawab pertanyaan itu, ia dapat melanjutkan pengembaraannya dengan melewati hutan. Di hutan dia bertemu Pertapa (Ki Sengkuni). Ki Sengkuni bersedia memberitahu siapa pencurinya jika Gatotkaca dapat menjawab 3 pertanyaan dari Ki Sengkuni. Jika Gatotkaca dapat menjawab semua pertanyaan tersebut, maka Ki Sengkuni akan mengatakan  bahwa yang mencuri perhiasan tersebut adalah raja Pencuri (Burisrawa) dan menyebutkan dimana ia tinggal. Setelah sampai di rumah Burisrawa, Gatotkaca meminta perhiasan yang dicuri Burisrawa. Burisrawa mau memberikan perhiasan itu jika Gatotkaca dapat menjawab 3  pertanyaan tentang bentuk Simple Past Tense yang berhubungan dengan Teks Narrative. Apakah Gatotkaca dapat menyelesaikan misinya untuk menemukan perhiasan/kalung itu?


SKENARIO
Map1: Kerajaan Hastina
Gatotkaca  pergi ke kerajaan Hastina untuk mendengarkan pengumuman Prabu Dasamuka tentang hilangnya sebuah perhiasan dan gambaran suasana kerajaan Hastina yang penuh dengan para penjaga dan rakyat.

Map2:Di hutan
Gatotkaca bertemu Ki Sengkuni . Jika Gatotkaca dapat memecahkan semua pertanyaanya maka Gatotkaca dapat pindah ke stage 3.

Map3:  Di  Rumah Burisrawa
Gatotkaca harus memecahkan soal Bahasa Inggris (Simple Past Tense) yang disampaikan oleh Burisrawa. Jika Gatotkaca  dapat menjawab semua pertanyaanya maka Gatotkaca dapat pindah ke stage 4 (KerajaanHastina)

Map 4: Di Kerajaan Hastina (lagi)
Stage ini merupakan stage akhir dari pertualangan Gatotkaca. Disini Gatotkaca bertemu dengan Prabu Dasamuka dan putrid Srikandi, kemudian di menyerahkan perhiasan dan Burisrawa.  Setelah itu dia baru mendapatkan semua hadiah yang dijanjikan.

NPC
- Gatotkaca = Seorang pemuda anak petanai yang ikut lomba mencari perhiasan sang putri
- Prabu Dasamuka = Raja Bijaksana dari kerajaan Hastina
- Putri Srikandi = Putri cantik yang kehilangan kalungnya
- Penjaga  = Orang gagah perkasa dan baik hati yang memberitau Gatotkaca tentang perlombaan.
- Ki Sengkuni = Pertapa arif bijaksana yang membantu Gatotkaca menemukan perhiasan yang hilang
- Binatang = Para binatang yang mencoba menghalang-halangi perjalanan Gatotkaca
- Burisrawa = Seorang raksasa jahat yang mencuri perhiasan putri raja


Membuat Skenario untuk RPG Game



SKENARIO GAME : The Adventure of Gatotkaca
Skenario game ini saya buat untuk memenuhi Tugas Akhir mata kuliah storyboard dan simbol-simbol yang ada dalam gambar di atas semata-mata menghargai instansi yang terlibat dalam keberhasilan saya;
1. Logo Tutwuri Handayani atau Logo Kemendiknas saya bubuhkan karena isi game ini adalah game edukasi dan disamping itu saya sebagai guru/ dosen adalah abdi Kemendiknas
2. Logo Sanata Dharma saya tambahkan disitu karena saat game ini dibuat saya masih kuliah di universitas tersebut dan di Universitas Sadar saya diajarkan membuat beberapa game pendidikan
3. Logo SEAMOLEC yaitu persatuan menteri-menteri seluruh Asia Tenggara, yang tentu saja menjadi penyumbang dana terbesar bagi kelancaran kuliahku. Pada intinya SEAMOLEC yang memberikan beasiswa saya kuliah di Universitas Sanata Dharma.
BTW semoga skenario dapat bermanfaat kalo memang dirasa berbeda dengan skenario yang ada pernah dapatkan...please cocok-cocokkan biar sama-sama enak ..he...
Deskripsi Game :
Game ini termasuk game pendidikan atau game edukasi. Jenis game yang digunakan  adalah game petualangan. Pemain yang dimainkan adalah pemain tunggal (single player), yaitu Gatotkaca. Di dalam game ini ada pengumpulan score dan petualangan.
Deskrip singkat petualangan :
Game ini bercerita tentang Seorang putri raja (Srikandi) yang kehilangan sebuah perhiasan berharga di istananya. Kemudian sang Raja (Prabu Dasamuka) mengadakan sayembara bagi siapa saja yang menemukan perhiasan tersebut akan diberikan sebidang tanah  dan menjadi suami Srikandi. Sementara itu, seorang pemuda dari desa, Gatotkaca, mencoba mengikuti sayembara tersebut. Gatotkaca mulai pengembaraannya dengan melewati hutan. Di hutan dia bertemu kakek pertapa (Sengkuni). Sengkuni bersedia memberitau siapa pencurinya jika  dapat menjawab beberapa pertanyaan dari Sengkuni. Akhirnya Gatotkaca dapat menjawab semua pertanyaan tersebut. Oleh karena itu, Sengkuni mengatakan bahwa yang mencuri perhiasan tersebut adalah raja Pencuri (Burisrawa) dan menyebutkan dimana dia tinggal. Setelah mengetahui informasi tersebut, Gatotkaca melanjutkan perjalanan menuju rumah Burisrawa. Setelah sampai rumah Burisrawa, Gatotkaca meminta perhiasan yang dicurinya. Burisrawa mau memberikan perhiasan itu jika Gatotkaca dapat menjawab 3 pertanyaan dari Burirawa. Akhirnya, Gatotkaca dapat menjawab pertanyaan tersebut dan diberikan perhiasan yang berharga itu. Gatotkaca kembali menuju ke istana untuk mengembalikan perhiasan yang hilang itu. Ia juga menangkap Burisrawa untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatannya. Sesampai di istana, Prabu Dasamuka dan Srikandi menyambutnya. Prabu Dasamuka menanyakan beberapa pertanyaan mengenai perjalanan Gatotkaca dalam misi mencari perhiasan yang hilang. Gatotkaca menceritakan perjalanannya secara detail. Ia akhirnya mendapatkan sebagian tanah kerajaan dan dinikahkan dengan putri raja, Srikandi. Mereka hidup bahagia selamanya.
Alur Setting Permainan :

Setting 1 : Istana
Karakter : Putri Srikandi, Gatotkaca dan Prabu Dasamuka
Deskripsi :
Srikandi kehilangan perhiasan berharganya. Dia telah berusaha mencari kesana-kemari tetapi tidak juga ia temukan. Kemudian dia bilang ayahnya, sang Raja, Prabu Dasamuka untuk membantunya. Prabu Dasamuka mengumumkan sayembara kepada siapa saja untuk menemukan perhiasan itu. Pengumuman tersebut didengar oleh Gatotkaca yang berada tidak jauh dari istana. Diapun berkeinginan untuk ikut sayembara tersebut. Sehingga ia mencaritau lebih banyak tentang sayembara itu kepada penjaga istana.  Tetapi ia harus diuji oleh penjaga tersebut dengan 3 pertanyaan. Setelah dia dapat menjawab pertanyaan dengan tepat, dia boleh mencari perhiasan yang hilang tersebut.

Setting 2 : Forest
Karakter : Gatotkaca, Ki Sengkuni
Deskripsi :
Gatotkaca mulai pengembaraannya dengan melewati hutan. Di hutan dia bertemu kakek pertapa (Ki Sengkuni). Ki Sengkuni bersedia memberitau siapa pencuri perhiasan itu jika Gatotkaca dapat menjawab beberapa pertanyaan dari Sengkuni. Akhirnya Gatotkaca dapat menjawab semua pertanyaan tersebut. Sengkuni mengatakan bahwa yang mencuri perhiasan tersebut adalah raja Pencuri (Burisrawa) dan dimana dia tinggal.

Setting 3 House
Karakter : Gatotkaca, Burisrawa
Deskripsi :
Gatotkaca melanjutkan perjalanan menuju rumah Burisrawa. Setelah sampai di rumah Burisrawa, Gatotkaca meminta perhiasan yang dicurinya. Burisrawa mau memberikan perhiasan itu jika Janoko dapat menjawab 3 pertanyaan dari Burirawa. Akhirnya, Gatotkaca dapat menjawab pertanyaan tersebut dan Burisrawa dengan berat hati memberikan perhiasan yang berharga itu serta ia menyerahkan diri.

Setting 4 : Istana
Karakter : Gatotkaca, Prabu Dasamuka dan Putri Srikandi
Deskripsi : Pada Stage ini Gatotkaca berada di sebuah istana kembali. Gatotkaca kembali menuju ke istana untuk mengembalikan perhiasan yang hilang itu. Ia juga menyerahkan Burisrawa kepada pihak kerajaan untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatannya. Sesampai di istana, Prabu Dasamuka dan Putri Srikandi menyambutnya. Gatotkaca akhirnya mendapatkan sebagian tanah kerajaan dan dinikahkan dengan putri raja, Putri Srikandi.  Mereka hidup bahagia selamanya.

Kondisi menang :
Kondisi menang apabila Gatotkaca berhasil menemukan dan mengembalikan benda dengan memenuhi syarat yang diberikan di setiap stage,

Kondisi Kalah :
Jika salah menjawab pertanyaan ia tidak akan dapat melanjutkan ke stage berikutnya

Keuntungan dari Permainan :
Permainan ini dapat digunakan untuk menggali kemampuan reading siswa  (Narrative text) dan juga bentuk Simple Past Tense sesuai dengan Kurikulum yang digunakan untuk siswa kelas 9/ 3 SMP.