Selasa, 09 Agustus 2011

The best last thing from PLPG Gel 1 Bahasa Inggris

Setelah 9 hari PLPG kin aku akhirnya bisa bernafas lega dan pantat tidak pedes dan badan tidak capek semua. Gimana gak pedes, pantat. Sembilan hari, kegiatan utama adalah duduk dikursi kayu. Aktivitas PLPG berdiri ketika kita tampil menjadi guru dalam peer-teaching. Itu saja hanya 20-30 menit setelah itu? Duduk lagi. Perlu diketahui semua bahwa PLPG hari pertama dimulai dengan Pre-test (Materi tes tentang pembuatan RPP dalam bahasa Inggris dengan diberikan sebuah situasi dan kita disuruh membuat indikator serta tujuan pembelajaran, tentang subskill of listening dan cara mendesain materi pelajaran dalam sebuah RPP) dan diakhiri dengan Post test yang lebih banyak . Selain soal essay yang 3 soal diambil dari soal Pre-test ditambahn soal yang baru yang harus diselesaikan dengan durasi 50 menit dan soal Multiple choices dengan durasi waktu 120 menit dengan jumlah soal 60 buah. Sehingga kami harus menyelesaikan setiap soal dalam kurun waktu 2 menit untuk soal Pilihan Ganda. Kronologis kegiatan PLPG :
  1. Hari pertama langsung materi pendidikan profesionlisme guru dan RPP sampai hari ketiga
  2. Hari keempat ada materi penelitian tindakan kelas dan penulisan karya tulis ilmiah, 
  3. Hari kelima pengembangan bahan ajar dan pengembangan media 
  4. Hari ke-enam tentang penilaian peserta didik
  5. Hari ke-7 sampai hari ke-9 dilakukan peer-teaching dengan 3 kali penampilan.Waktu pertama kali sedikit nervous, dipenampilan yang kedua dan ketiga sedikit berkurang, semakin mantap dan percaya diri. Bayanganku jika sering tampil atau tampil lebih dari 3 kali maka mungkin saja rasa nervous itu akan hilang dan pasti kita akan lebih profesional dan lebih baik dalam mengajar anak-anak di kelas. Kata pak Syamsul Maarif kita dapat menguasai dulu English classroom management yaitu bahasa Inggris yang digunakan dalam percakapan dengan siswa di dalam kelas. sehingga kelas akan nampak lebih hidup dan terjadi komunikasi serta saling pengetian. Harapan seperti itu, aku sendiri akan berusaha memperbaiki penampilandan gaya mengajar yang kurang kmunikatif. Di dalam hatiku aku akan berusaha menjadi guru profesional dan berusaha sebaik mungkin dalam mendidik anak-anakku tersayang
Sebenarnya diklat PLPG sangat..sangat.. membantu para guru untuk dapat berkembang, baik berkembang cara mengajarnya maupun berkembang kreatifitasnya dalam mencari dan membuat media, bahan ajar dan penelitian. Karena semua materi tentang keprofesionalan guru diajarkan di PLPG. Kalau tidak dirasakan tetapi dinikmati kegiatan PLPG terasa cepat. Namun aku termasuk yang tidak ingin ikut PLPG lagi, aku ingin ikut diklat sejenis tetapi dengan judul yang berbeda, bukan PLPG. Karena memang dari situ nampak sekali mana guru yang benar-benar dapat mengajar dan mana guru yang hanya sekedarnya saja. Perlu penilaian yang matang untuk memutuskan seseorang lulus atau tidak sebab memang kenyataannya, khususnya guru bahasa Inggris kebanyakan masih pada kedodoran dalam mengajarnya