Kamis, 02 Juni 2016

PELAJARAN TERSIRAT DALAM DIKLAT JURNALISTIK

    Baru pertama kali ini saya menjadi narsumber di sekolah, khususnya untuk anak SMP. Tetapi saya berharap ini kejadian yanga terakhir. Bayangkan saja masuk di sebuah SMP yang mana saya nanti mengisi menjadi narasumber, sudah disambut dengan ketidakramahan oleh satpam atau mungkin guru piket, entah aku tidak peduli. Ugh...sabar mau puasa. Pertanyaanku yang menurutku sopan dan halus dijawab dengan sikap yang tidak bersahabat; pak, mau ketemu kepala sekolah?" "Ga ada bu kepala sekolah." jawabnya tanpa menanyakan keperluan saya apa. "Saya diminta mengisi pelatihan jurnalistik." kulanjutkan dengan penjelasan. "Silakan, sebelah sana," jawabnya tanpa menunjukkan atau menemani ke ruang pelatihan. Oalah...iku lelakon opo? Sepertinya aku yang butuh, bukan aku tidak butuh membimbing muridku kalau aku tidak diminta. Penderitaanku tidak berlanjut.
    Ada juga guru di SMP ini yang sudah kenal, akrab malah tetapi sepertinya dia juga cuek, mosok manggil saya pak Bambang, Bambang adalah instansiku, bukan namaku, padahal dia dulu teman akrab, sering diklat, juga pernah aku undang sebagai narasumber di diklatku. Tetapi kayaknya dia tersaingi xi..xi suudzon. Diakan pembimbing jurnalistik kenapa mengundang narsum dari luar? Ah..ini hanya perasaan.
    Menurut para ahli dan para alim serta orang yang bijaksana, kita bisa tersakiti dan menderita jika kita mengijinkan hati kita menderita tetapi jika kita tidak mengijinkan maka kita baik - baik saja. Yang punya masalah bukan kita tetapi mereka dengan hati mereka, mereka dengan kesombongan mereka dan mereka dengan akhlak mereka. Sementara aku? Aku tidak bisa tersakiti kalau tidak mengijinkan. Ini pelajaran yang sangat berharga semoga ini menambah pahala bagi perjalanan hidupku.

MINDMAP DAN OUTLINE UNTUK BUKUKU (part 2)

 
Mindmap Ide ke 2
 Untuk mindmap dan outline ide ini, sebetulnya buku telah saya tulis lama. Namun belum kelar juga, kayaknya belum mantap untuk dikirim ke penerbit. Ide ini adalah ide yang telah muncul beberapa tahun yang lalu, tepatnya tahun 2010. Ide ini bukan murni ide sebuah buku tetapi ide sebuah PTK. Pada tahun itu, PTK tersebut telah lolos lomba kreativitas guru tingkat nasional. Hebatnya lagi  Lomba Kreativitas Ilmiah Guru tersebut diadakan oleh LIPI ( Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). LIPI gitu lho. Uih..mulai sombongnya..he..he. Memang sombong dan percaya diri itu tipis sekali, transparan malah..ups. Memang waktu itu aku tidak juara, ya mungkin kurang beruntung saja namun ide tersebut original, murni malah. Jadi apa salahnya kalau saya buat menjadi sebuah buku dengan mengemas sedikit berbeda sehingga lebih menarik. Harapannya orang lain nanti dapat menggunakan caraku atau terinspirasi dengan ide tersebut. (PD amat xi..xi) Semoga. Outline yang akan aku buat sebagai berikut;
Bab 1.Pendahuluan
       A. Memahami Tugas Guru
       B. Apa Tugas Orang Tua Siswa?
       C. Apa yang mesti dilakukan siswa?
Bab 2. Warming Up
        A. Memahami Tujuan Pembelajaran
       B. Model Pertanyaan UN
Bab 3. Early Detection
       A. Apa itu Early Detection?
       B. Manfaat Early Detection?
       C. Bagaimana mempraktekan Early Detection?
Bab 4. Deteksi Dini Materi Pelajaran
      A. Analisis soal Tahun lalu
      B. Memastikan Kurikulum yang digunakan.
      C. Cermati SKL tahun ini
Bab 5. Deteksi Dini Siswa
      A. Lakukan pre-test
      B. Analisis semua hasil Tes
      C. Sekarang saatnya Post Test
Bab 6 Selamat Berjuang!
      A. Ingatkan untuk Berdoa
      B. Ingatkan Asupan Gizi
      C. Minta Istirahat yang cukup
      D. Minta restu ortu dan guru
Bab 7. Beasiswa bagi siswa
     A. Beasiswa SMA/SMK
     B. Beasiswa Sekolah Kedinasan
     C. Beasiswa umum

 


MINDMAP & OUTLINE UNTUK BUKUKU (part 1)


Mindmap Buku 1
    Tantangan KMO Batch 6 selanjutnya adalah membuat mindmap dan outline, sulit? Engga, Tetapi sulit banget he..he. Ga sulit, suer cuma kadang kalo tidak disempatkan bisa kelabakan menyelesaikan. Kan tugasnya 2 lagi. Dateline nanggung juga, hari Jumat gitulah...kita kita kan sholat jumat juga, jadi mengurangi waktu dateline he..he (alibi xi..x). Namun setelah dicoba, membuat mindmap menjadi masuk akal dan mempermudah kita saat mau membuat buku. Semoga saja. Nah karena kita diwajibkan membuat 2 mindmap dan 2 outline dari 10 tugas kita yang kemaren. Maka saya juga mengirim 2 mindmap dan 2 outline saja, karena mengirim lebih dari 2 juga tidak ada tambahan poin, apalagi tambaha koin, boro - boro :D Just a joke. By the way semoga gambar mindmap ini bisa di zoom out sehingga kelihatan tulisan - tulisan yang kecil tersebut. Sedangkan outlinenya sebagai berikut;
Bab 1 Who am I?
           A. Guru Ideal Indonesia
           B. Aku guru tipe apa?
           C. Guru profesional = guru super?
           D. Siapakah guru super itu?
Bab 2. Speaking, perbaiki cara berbicara
           A. Cara berbicara yang baik
           B. Siapa yang kita ajak bicara?
           C. Ini jangan diucapkan!
Bab 3 Useful, jadilah guru yang berguna
           A. Bergunalah bagi siswa anda
           B. Bermanfaatlah bagi rekan guru
           C. Berkorbanlah untuk orang lain
Bab 4. Performance, perhatikan penampilan anda
       A. Berpakaian yang rapi, bersih & menarik
          B. Sisirlah rambut anda
          C. Semprotkan parfum
          D. Pakailah aksesoris seperlunya
Bab 4. Enthuasiasm, bersemangatlah!
         A. Mengajar dengan rock n roll
         B. Tuntaskan semua pekerjaan
         C. Siap menjabat apa saja
Bab 5. Respect, hormatilah siapa saja
         A. Murahlah dalam memuji
         B. Luangkan diri untuk berbagi
         C. Hormatilah apapun itu.
Itulah outline untuk buku " SUPER TEACHER"