Nama | Joko Sulistya |
| |
| |
Judul Ide Game / Game | Findingjewelry |
Synopsis | Tujuan Game : mempelajari percakapan transaksional dan interpersonal dengan memanfaatkan Game Materi Game : Materi dalam game diambil dari Buku ‘English in Focus’ Karya Artono Wardiman., dkk Penerbit : Pusbuk Depdiknas Buku ‘Smart Steps’’ Karya Ali Akhmadi, dan Ida Safrida Penerbit : GanecaExact, Buku ‘English On Sky’’ Karya Mukarto dkk Penerbit : Erlangga Jakarta Deskripsi Game : Game ini termasuk game pendidikan atau game edukasi. Jenis game yang digunakan adalah game petualangan. Pemain yang dimainkan adalah pemain tunggal (single player), yaitu Janoko. Di dalam game ini ada pengumpulan score dan petualangan. Deskrip singkat petualangan : Game ini bercerita tentang Seorang putri raja (Srikandi) yang kehilangan sebuah perhiasan berharga di istananya. Kemudian sang Raja (Prabu Dasamuka) mengadakan sayembara bagi siapa saja yang menemukan perhiasan tersebut akan diberikan sebidang tanah dan menjadi suami Srikandi. Sementara itu, seorang pemuda dari desa, Janoko, mencoba mengikuti sayembara tersebut. Janoko mulai pengembaraannya dengan melewati hutan. Di hutan dia bertemu kakek pertapa (Sengkuni). Sengkuni bersedia memberitau siapa pencurinya jika Janoko dapat menjawab beberapa pertanyaan dari Sengkuni. Akhirnya Janoko dapat menjawab semua pertanyaan tersebut. Oleh karena itu, Sengkuni mengatakan bahwa yang mencuri perhiasan tersebut adalah raja copet (Burisrawa) dan menyebutkan dimana dia tinggal. Setelah mengetahui informasi tersebut, Janoko melanjutkan perjalanan menuju rumah Burisrawa. Setelah sampai rumah Burisrawa, Janoko meminta perhiasan yang dicurinya. Burisrawa mau memberikan perhiasan itu jika Janoko dapat menjawab 3 pertanyaan dari Burirawa. Akhirnya, Janoko dapat menjawab pertanyaan tersebut dan diberikan perhiasan yang berharga itu. Janoko kembali menuju ke istana untuk mengembalikan perhiasan yang hilang itu. Ia juga menangkap Burisrawa untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatannya. Sesampai di istana, Prabu Dasamuka dan Srikandi menyambutnya. Prabu Dasamuka menanyakan beberapa pertanyaan mengenai perjalanan Janoko dalam misi mencari perhiasan yang hilang. Janoko menceritakan perjalanannya secara detail. Ia akhirnya mendapatkan sebagian tanah kerajaan dan dinikahkan dengan putri raja, Srikandi. Mereka hidup bahagia selamanya. Alur Setting Permainan : Setting 1 : Istana Karakter Srikandi, Janoko dan Dasamuka Deskripsi : Srikandi kehilangan perhiasan berharganya. Dia telah berusaha mencari kesana-kemari tetapi tidak juga ia temukan. Kemudian dia bilang ayahnya, sang Raja Prabu Dasamuka untuk membantunya. Prabu Dasamuka mengumumkan sayembara untuk menemukan perhiasan itu. Pengumuman tersebut didengar oleh Janoko yang berada tidak jauh dari istana. Diapun berkeinginan untuk ikut sayembara tersebut. Sehingga ia mencaritau lebih banyak tentang sayembara itu kepada orang-orang sekitar itu. Setelah dia mengetahui informasi dengan akurat, dia mulai mencari perhiasan yang hilang tersebut. Setting 2 : Forest Karakter : Janoko, Wisanggeni Deskripsi : Janoko mulai pengembaraannya dengan melewati hutan. Di hutan dia bertemu kakek pertapa (Sengkuni). Sengkuni bersedia memberitau siapa pencuri perhiasan itu jika Janoko dapat menjawab beberapa pertanyaan dari Sengkuni. Akhirnya Janoko dapat menjawab semua pertanyaan tersebut. Sengkuni mengatakan bahwa yang mencuri perhiasan tersebut adalah raja copet (Burisrawa) dan dimana dia tinggal. Setting 3 House Karakter : Janoko, Burisrawa Deskripsi : Janoko melanjutkan perjalanan menuju rumah Burisrawa. Setelah sampai di rumah Burisrawa, Janoko meminta perhiasan yang dicurinya. Burisrawa mau memberikan perhiasan itu jika Janoko dapat menjawab 3 pertanyaan dari Burirawa. Akhirnya, Janoko dapat menjawab pertanyaan tersebut dan Burisrawa dengan berat hati memberikan perhiasan yang berharga itu. Setting 4 : Istana Karakter : Janoko, Prabu Dasamuka dan Srikandi Deskripsi : Pada Stage ini Janoko berada di sebuah istana kembali. Janoko kembali menuju ke istana untuk mengembalikan perhiasan yang hilang itu. Ia juga menyerahkan Burisrawa kepada pihak kerajaan untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatannya. Sesampai di istana, Prabu Dasamuka dan Srikandi menyambutnya. Prabu Dasamuka menanyakan beberapa pertanyaan mengenai perjalanan Janoko. Janoko menceritakan perjalanannya secara detail. Ia akhirnya mendapatkan sebagian tanah kerajaan dan dinikahkan dengan putri raja, Srikandi. Mereka hidup bahagia selamanya. Kondisi menang : Kondisi menang apabila Janoko berhasil menemukan benda dengan memenuhi syarat yang diberikan di setiap stage, Kondisi Kalah : Jika salah menjawab pertanyaan sebanyak 3 kali Keuntungan dari Permainan : Permainan ini dapat digunakan untuk mengulang dan mengevaluasi pemahaman siswa akan ungkapan-ungkapan transaksional dan interpersonal |
| |
Jumat, 04 November 2011
My storyboard for Java program
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentar yang membangun sangat berguna tidak hanya bisa mencaci tetapi berikan juga solusi