Semoga Tips dan Triks ini bermanfaat bagi teman-teman yang belum mengikuti PLPG maupun yang belum lulus pada PLPG yang lalu. Ini bukan kata ahli atau bocoran dari panitia PLPG tetapi cuma curhat atau retell past event. Wong penulis juga telah mengikuti PLPG setelah melalui jalur Portopolio + Tes online tahun 2011 ini tidak lolos. Yah ternyata ada hikmahnya dan ternyata Tuhan tau bahwa ini yang terbaik bagiku termasuk baik untuk menunjang kemampuan atau kompetensiku. Gimana tidak nambah pake persiapan yang buaaaaaaaaaaaaaaanyak sekali;
- Persiapan Media Pembelajaran (Real things, Realia, Gambar, Video atau Audio)
- Persiapan Karya Tulis Ilmiah
- Persiapan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
- Persiapan Micro Teaching ( 3 Kali tampil mengajar; 2 Kali latihan dan 1 kali dinilai)
- Persiapan Soal Pilihan Ganda (Waktu Pre test dan Post test)
- Persiapan Soal Essay (Analisis kasus untuk Pre test dan Post test)
Nah, setelah anda mengetahui medan yang akan anda hadapi maka Tips dan Triks yang dapat saya berikan adalah sebagai berikut :
- Mempersiapkan beberapa hari sebelumnya apa yang saya tulis di atas.
- Mencoba mencari kenalan atau teman yang telah ikut dan lulus PLPG ini berguna untuk menambah wawasan tentang medan yang akan dihadapi, siapa tau ternyata berbeda dengan kabar yang beredar selama ini.
- Untuk Bahasa Inggris, coba latihan mengerjakan soal-soal setaraf Toefl yang dapat didapat dari internet, buku atau sumber yang lain (Tetapi ingat yang listening section tidak perlu dilatih atau didengarkan sebab tidak ada tes listening). Untuk soal-soal ini silahkan mengkhususkan diri belajar memahami teks dan menganalisis soal
- Jangan lupa juga untuk mencoba membuat RPP dalam bahasa Inggris, ini akan berguna bagi anda ketika nanti anda menghadapi soal essay, sebab anda nanti akan disuruh membuat skema pembelajaran atau RPP dalam bahasa Inggris (Anda akan diberi soal-soal tentang situasi masalah tentang pembelajaran) Begini contohnya;
- Mrs. Yanti was an inexperieced English teacher of Senior High School. She wanted determined some indicators and sets the instructional objective of speaking competencies for Grade X students, in her first week. She referred to the first basic competencies of speaking found in Grade X that says " Student should be able to express meaning in transactional conversation which include several language functions such as introducing, inviting, accepting and declining invitation". But she was still wondering how to put her ideas in words for the indicators and objectives.
- Mrs. Endng was an inexpreienced English teacher of Senior High School. She wanted to determine what materials she was going to use for teaching students Grade X. She referred to the basic competences of list. That says "Students should be able to respond the meaning in interpersonaland transaksional conversation which include several language functional such as: introducing, saying good bye, inviting, accepting and declining invitation" But she was still wondering how to put her ideas in words for materials she was going specify. Mo soal dan jawab lebih lengkap? klik saja link berikut;http://www.ziddu.com/download/17762110/SoalEssayPLPG.docx.htmlNah soal-soal essay semacam itu, ini bukan bocoran cuma ada soal yang seperti itu tahun ini (Teman penulis yang masih sempat-sempatnya menulis, share dan minta tolong untuk menjawabnya....sebab dia belum lulus tahun ini........sst jangan bilang2 ya)
- 5. .Jangan lupa juga berdoa untuk kesuksesan anda dan juga kesuksesan saya he...(kok bisa?) Sebab bagaimanapun saya telah ikut membantu keberhasilan anda dan juga memecahkan masalah anda he. Akhir kata saya ucapkan................
SEMOGA SUKSES, DAN JADILAH GURU YANG PROFESIONAL
Thanks for your information...
BalasHapus