Sabtu, 14 Desember 2013

WORKSHOP PEMBINAAN LPIR 2013 (1)

Jum'at, 13 Desember 2013 aku berangkat untuk menghadiri workshop pembinaan Lomba Penelitian Ilmiah Remaja. Ini adalah dampak dari aku membimbing siswa dan juara 2 di Bali. Ada 6 guru DIY yang diundang untuk menghadiri workshop LPIR di Solo. Yaitu guru SMPN 1 Bantul, guru SMPN 5 Yogyakarta, guru SMPN 2 Wonosari, guru SMPN 2 Wates dan guru SMP  Sleman. Karena tidak koordinasi maka kami berangkat sendiri - sendiri. Aku berangkat dari rumah jam 09.00 lebih dan sampai terminal Giwangan jam 10.00, langsung aku cari bis yang menuju Solo. Namun sebelumnya aku titipkan dulu sepeda motorku di dekat terminal tersebut. Karena untuk mengejar waktu, daripada aku duduk - duduk di terminal ga jelas gitu, aku naik Bis jurusan Surabaya 'EKA'. Aku belum mengetahui letak Hotel Kusuma Sahid maka aku nekad turun saja di Stasiun Bis. Sampai di Stasiun Balapan aku naik ojek, bukan apa - apa tetapi kasihan kalo aku harus naik taksi, nanti para ojekers tidak laku. Ya...sekalian membuka lapangan baru bagi para tukang ojek. Untuk pak ojek aku beri Rp. 15 ribu untuk sekali jalan. Akhirnya sampailah aku di hotel Kusuma Sahid Prince, hotel yang cukup mewah kalo ga salah hotel bintang 5. Ini pertama kali aku ke Solo sendirian dan menginap di hotel selam 3 hari.
Setelah makan siang aku registrasi untuk mendapatkan kamar. Tetapi ternyata panitia belum datang, oleh karena itu aku hanya ingin mendaptkan kamar dan melepaskan keletihan ini. Di sore hari aku mencoba registrasi dan mendapatkan bukut panduan. Berdasarkan buku panduan acara dimulai jam 19.30 WIB setelah makan malam. Jam 19.30 WIB aku datang ke ruang Kusuma, namun ternyata belum dimulai pembukaan workshop pembinaan LPIR. Sebelum pembukaan ada sharing dari beberapa pakar yang datang seperti Prof. Dr.Ir. Wahyudin Latunreng, M.M, Prof. Baharudin Tappa dan ibu Iroh. Baru jam 21.00 WIB acara pembukaan dimulai dan dibuka oleh pak Kasubid, mengganti bapak Dirjen Dikdas Dir PSMP. Acara berakhir jam 10.00 WIB