Senin, 23 Februari 2015

MERINTIS CYBER CLASS DI SAAT LIBURAN

    Hal cukup menantang jika kita mampu menciptakan cyber class bagi siswa kita, apalagi jika dilakukan dalam masa - masa liburan. Artinya biarpun mereka baru libur tetapi ingat dengan materi pelajaran. Kalo bisa liburan yang edukatif sebab jika tidak dilakukan hal tersebut, banyak para guru yang mengeluh dengan sikap siswa setelah mereka libur panjang. Mereka, para siswa biasanya kalo habis liburan semangat belajarnya menurun, atau paling tidak kurang greget dalam belajar. Makanya hal seperti ini perlu menjadi perhatian kita semua sebagai guru. Apakah anda setuju? 
      Membuat cyber class bukan hal yang mudah tetapi juga bukan hal hal sangat sulit, tinggal kemauan untuk belajar. Kita tinggal pilih mau pakai aplikasi apa? Ada moddle, psikologi, Edmodo atau yang lain. Tinggal pilih mana yang sesuai untuk anda berdasarkan kemampuan dan kemauan. Yang jelas kalau bisa yang bisa digunakan untuk kelas tertutup, jangan terlalu terbuka seperti facebook atau twiteer. Kedua media sosial tersebut terlalu riskan digunakan untuk kelas maya. Kenapa? Karena ketika memberikan tugas atau penilaian maka hampir semua group yang tergabung akan mengetahui hasilnya. Sehingga tidak bisa menjamin kerahasiaan. Bagaimanapun kita perlu menjaga nama baik siswa kita dan juga harga dirinya. Kita tidak mungkin mempermalukan siswa kita di muka umum/ forum kan?
     Setelah anda memilih salah satu aplikasi di atas, silahkan pelajari dan sosialisasikan di kelas atau di depan para siswa. Setelah mereka mengetahui aturan - aturan dan teknik menggunakan maka pas hari libur anda bisa memulai meng-upload materi dan juga tugas - tugas. Alangkah baiknya juga jenis aplikasi ini yang dapat dihubungkan dengan mobile phone, khususnya SMS. Sehingga kalau ada tugas di share, maka siswa akan mengetahuinya melalui kiriman SMS yang diterima. Nantinya tidak ada lagi siswa yang beralasan tidak buka internet atau tidak tau kalau ada tugas yang diberikan secara online. Itulah kelebihan cyber class jika mau dilaksanakan, yang penting tetap kita juga harus menghormati liburan siswa. Tugas yang diberikan sesuaikan dengan kebutuhan dan tidak terlalu banyak menyita waktu siswa. Itu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar yang membangun sangat berguna tidak hanya bisa mencaci tetapi berikan juga solusi