Sabtu, 04 Juni 2016

DUNIA MALAM TAK SESERAM PERSEPSI

    Duduk tidak jauh dari tempat pentas yang sederhana, group band ini dengan semangat mengalunkan lagu lagu lama. Lagu lama yang kebanyakan lagu - lagu koes plus. Ah..kembali ke masa silam. Ku nikmati alunan lagu itu sambil memesan beberapa makanan dan minum; dua buah sop buntut dan iga beserta 2 piring nasi. Ya 2 piring nasi, walaupun kami datang bertiga. Bulan karena uangnya cukup untuk pesan 2 piring, bukan itu. Tetapi kami rasa terlalu takabur jika kamu memesan tiga atau lebih kemudian tersisa atau hanya termakan sedikit atau malah lebih parah lagi tidak tersentuh. Masih utuh, mending uang untuk membeli itu kamui kasihkan ke pemain band. Biar mereka mengganti lagu yang lebih ngerock atau lagu yang sekarang baru ngetrend. Tetapi kayaknya tidak mungkin pemain band itu mengganti lagunya sebab banyak tamu yanh berusia di atas 40 tahun. Kasihan kalau lagu harus ngerock seperti guns and roses, nirvana atau bon jovi. Ah..andai diganti lagu itu tentu malam tidak sedingin  itu.
Pesanan akhirnya datang persis yang kami pesan. Seorang waiters membawa mangkuk sup buntut pesanan kami. Aroma sup segera menyebar dan hinggap ke hidung kami. Kami bertiga melihat dengan penasaran bagaimana rasanya sup itu. Tak terasa aku ikut menelan ludah ketika istri mencicipi sup itu. Sementara anakku sibuk mengatur makanan yang lain. Alangkag nikmatnya makan bersama keluarga. Namun aku mesti bersyukur atau sedih ketika anak lakiku tidak ikut serta. Dia lebih memilih ikut neneknya. Bukan karena apa apa cuma karen dia kangen naik bus. Ya sesimpel itu. Aku maklum saja namanya juga anak umur 3 tahun. Tahulah, bahwa anak seusia itu baru - senang - senangnya dengan sesuatu yang baru. Terus yang lama? Tentu saja yang lama ditinggalkan, dia sudaj bosan dengan itu. Mau apa lagi? Biarlah kami bertiga, toh ini tidak mengurangi kenikmatan kami menyantap hidangan ini. Istriku nampaknya tidak terlalu lapar. Dia nampak malas malasan memasukan nasi ke mulutnya. Aku? Tentu saja aku bersemangat, apalagi Haura, anakku dia begitu rakus seolah - olah dia besok tidak bolah makan atau puasa. Tetapi disitulah aku merasa bangga dimana kerja kerasku dapat dinikmati bersama dan anakku merasa lahap dengan rejeki yang kami dapatkan selama ini. Alhamdulillah. Semoga rejeki ini, rejeki yang halal dan barokah.
Persis seperti yang saya duga sebelumnya bahwa pesanan itu cukup untuk kami bertiga. Mungkin nampak sedikit tetapi nikmatnya suasan malam itu betul - betul memberi kesan magic, kesan malam itu spesial, tidak huru - hara, penganiayaan, perampokan atau tindakan kriminal lainnya. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, selain rasa kantuk yang mungkin jadi masalah bagi kami ketika pulang. Jarak masih cukup jauh dari rumah. Ketika perut mulai kenyang maka kantuk akan segera menyerang, seperti itu biasanya. Itu yang kutakutkan bukan yang lain. Malam itu aku dapat menyimpulkan bahwa malam itu hitam dan hitam itu pekat tetapi pekat itu tidak selalu berarti jahat. Pekat hanya simbul dari hitam yang sangat. Semoga aka  selalu seperti ini. Jogjaku aman, jogjaku nyaman dan jogjaku istimewa. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar yang membangun sangat berguna tidak hanya bisa mencaci tetapi berikan juga solusi