Jumat, 05 Maret 2010

Sukses Ujian Tanpa Stres | Resensi Buku Baru
December 17th, 2009
Judul Buku : Sukses Ujian Tanpa Stres
Penulis : Dr Eva J Hoffman
Penerbit : Gagas Media
Tebal : 112 Halaman
Terbit : Desember 2009
Cara Asyik Sukses Ujian Tanpa Stres
KETEGANGAN menghadapi ujian sekolah atau semesteran bisa dialami siapa saja. Siswa sekolah dan mahasiswa pasti bakal pusing, bahkan bisa mengalami stres kalau tidak mempersiapkan diri sebaik mungkin. Apalagi mata pelajaran yang diujikan tergolong sulit.
Bukan hanya siswa yang pusing menjelang ujian, orangtua yang anaknya akan menghadapi ujian pun bisa jadi ikut tegang. Mereka pasti cemas kalau anaknya tidak bisa melalui ujian dengan baik. Apalagi ujian tersebut bakal menentukan masa depan anaknya.
Ketegangan yang berlebihan bisa menimbulkan depresi bagi siswa sehingga mengganggu konsentrasi dan kesehatannya. Tak jarang siswa yang mengalami depresi akut sampai harus menjalani perawatan di rumah sakit. Padahal hakikatnya ujian tidak menjadi berharga bila sampai menimbulkan kerusakan.
Pengalaman bertahun-tahun menjadi pengajar dan sering menyaksikan banyak siswa yang sakit, putus sekolah, bahkan bunuh diri karena tekanan berat menghadapi ujian, membuat Dr Eva J Hoffman mencari solusi memberikan pendekatan yang ramah dalam kegiatan belajar mengajar, termasuk menghadapi ujian. Solusi tersebut dituangkan dalam buku berjudul Sukses Ujian Tanpa Stres (Stres-Free Exams) yang diterbitkan Gagas Media.
Buku mungil yang setebal 127 halaman ini menyajikan cara sederhana untuk menghilangkan stres saat menghadapi ujian. Dan, tak ketinggalan memberikan trik menarik untuk memaksimalkan potensi otak serta melatih ingatan.
Dengan bahasa yang lugas dan disertai ilustrasi menarik, membuat kita mudah memahami isinya secara cepat. Bahkan dalam waktu 30 menit sampai 1 jam kita bisa menyelesaikan membaca dan langsung mempraktikkannya. Isinya yang menarik tak akan membebani siswa yang akan menghadapi ujian, sebaliknya menambah motivasi untuk lebih percaya diri saat ujian.
Para orangtua pun bisa membaca buku ini untuk membantu anaknya yang akan menghadapi ujian. Sebab, buku ini begitu ringkas dan berisi enam bagian utama, yaitu Memaksimalkan Potensi Otak, Trik Mengingat, Belajar Efektif, Percaya Bahwa Kamu Bisa dan Mampu Meraihnya, Menghilangkan Rasa Stres, dan Melihat Semua dengan Obyektif.
Informasi dan fakta menarik tentang cara belajar dan depresi disajikan dengan gambang. Misalnya, otak bila dijejali informasi secara deras dalam waktu singkat membuatnya tak bekerja optimal. Begitu juga ketika ketegangan mendera, ternyata mengganggu kinerja otak. Akibatnya, saat ujian otak kita seakan tak mampu mengingat apa pun.
Dr Eva J Hoffman yang berasal dari Inggris dan pernah menerima Family Learning Millenium Award 1999 ini, dalam bukunya memperkenalkan metode Visual Mapping ketika mengulang materi pelajaran. Metode ini mempermudah dan membantu daya ingat saat menghadapi ujian. Buku ini memberikan informasi yang praktis dan menginspirasi cara belajar yang efektif dan meredam stres, sehingga meraih sukses saat ujian. (wasis wibowo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar yang membangun sangat berguna tidak hanya bisa mencaci tetapi berikan juga solusi