Jumat, 03 Februari 2012

Membuat Storyboard untuk RPG Game

Kalo barusan anda belajar membuat skenario, nah sekarang anda akan membuat Storyboard. Katanya membuat Storyboard lebih sulit dan lebih rumit dibandingkan membuat skenario. Kalo skenario itu ibarat embrionya kalo storyboad adalah biangnya he...Tetapi jangan kuatir saya punya contohnya dan ini contoh merupakan Tugas Akhir saya ...silahkan digunakan untuk apa saja tetapi ingat bahwa anda perlu memodifikasi biar tidak dianggap plagiator sayangkan nama sudah bagus dan bersih tercemar hanya gara-gara masalah sepele. Jadi silahkan di kembangkan atau dikurangi bila tidak sesuai dengan pendapat anda. Intinya ini adalah contoh Storyboard punya saya mo dipake silahkan mo enggak juga sayang he..

STORYBOARD GAME RPG (GAME EDUKASI)
1.      Judul Game : The Adventure of Gatotkaca
2.      Tingkat: SMP- Kelas 9/3. Materi diambil dari buku Let’s Talk , Tahun 2007 Pengarang Bachtiar Bima dkk, Penerbit PT.Pakar Raya : Bandung
3.      Mata Pelajaran: Bahasa Inggris dengan materi Teks Narrative
Standar Kompetensi     : 8.Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari..
Indikator                     : 8.2.1.Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative
 8.2.2. Mengidentifikasi tujuan komunikatif dan langkah retorika teks monolog berbentuk narrative
 8.2.3. Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks narrative
4.      Deskripsi Game: Game ini termasuk game pendidikan atau game edukasi, khususnya pelajaran Bahasa Inggris. Jenis game ini adalah game petualangan. Pemain yang dimainkan adalah pemain tunggal (single player), yaitu Gatokaca adalah tokoh utama sebagai seorang petani, Prabu Dasamuka adalah seorang raja Hastina, Srikandi adalah putrid Prabu Dasamuka, Ki Sengkuni adalah seorang pertapa yang membantu Gatotkaca dan Burisrawa adalah seorang pencuri perhiasan.
5.      Cerita Singkat:
Game ini bercerita tentang seorang putri raja (Srikandi) yang kehilangan sebuah perhiasan berharga di istananya. Kemudian sang  Raja (Prabu Dasamuka) mengadakan sayembara bagi siapa saja yang menemukan perhiasan tersebut akan diberikan sebidang tanah dan menjadi suami Srikandi. Sementara itu, seorang pemuda dari desa, Gatotkaca, mencoba mengikuti sayembara tersebut. Sebelum Gatotkaca dapat mengikuti sayembara itu, ia harus menjawab 3 pertanyaan dari Penjaga Istana. Jika ia dapat menjawab pertanyaan itu, ia dapat melanjutkan pengembaraannya dengan melewati hutan. Di hutan dia bertemu Pertapa (Ki Sengkuni). Ki Sengkuni bersedia memberitahu siapa pencurinya jika Gatotkaca dapat menjawab 3 pertanyaan dari Ki Sengkuni. Jika Gatotkaca dapat menjawab semua pertanyaan tersebut, maka Ki Sengkuni akan mengatakan  bahwa yang mencuri perhiasan tersebut adalah raja Pencuri (Burisrawa) dan menyebutkan dimana ia tinggal. Setelah sampai di rumah Burisrawa, Gatotkaca meminta perhiasan yang dicuri Burisrawa. Burisrawa mau memberikan perhiasan itu jika Gatotkaca dapat menjawab 3  pertanyaan tentang bentuk Simple Past Tense yang berhubungan dengan Teks Narrative. Apakah Gatotkaca dapat menyelesaikan misinya untuk menemukan perhiasan/kalung itu?


SKENARIO
Map1: Kerajaan Hastina
Gatotkaca  pergi ke kerajaan Hastina untuk mendengarkan pengumuman Prabu Dasamuka tentang hilangnya sebuah perhiasan dan gambaran suasana kerajaan Hastina yang penuh dengan para penjaga dan rakyat.

Map2:Di hutan
Gatotkaca bertemu Ki Sengkuni . Jika Gatotkaca dapat memecahkan semua pertanyaanya maka Gatotkaca dapat pindah ke stage 3.

Map3:  Di  Rumah Burisrawa
Gatotkaca harus memecahkan soal Bahasa Inggris (Simple Past Tense) yang disampaikan oleh Burisrawa. Jika Gatotkaca  dapat menjawab semua pertanyaanya maka Gatotkaca dapat pindah ke stage 4 (KerajaanHastina)

Map 4: Di Kerajaan Hastina (lagi)
Stage ini merupakan stage akhir dari pertualangan Gatotkaca. Disini Gatotkaca bertemu dengan Prabu Dasamuka dan putrid Srikandi, kemudian di menyerahkan perhiasan dan Burisrawa.  Setelah itu dia baru mendapatkan semua hadiah yang dijanjikan.

NPC
- Gatotkaca = Seorang pemuda anak petanai yang ikut lomba mencari perhiasan sang putri
- Prabu Dasamuka = Raja Bijaksana dari kerajaan Hastina
- Putri Srikandi = Putri cantik yang kehilangan kalungnya
- Penjaga  = Orang gagah perkasa dan baik hati yang memberitau Gatotkaca tentang perlombaan.
- Ki Sengkuni = Pertapa arif bijaksana yang membantu Gatotkaca menemukan perhiasan yang hilang
- Binatang = Para binatang yang mencoba menghalang-halangi perjalanan Gatotkaca
- Burisrawa = Seorang raksasa jahat yang mencuri perhiasan putri raja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar yang membangun sangat berguna tidak hanya bisa mencaci tetapi berikan juga solusi