Jumat, 11 Juli 2014

SELEKSI KELAS UNGGULAN

 
Tahun ini ada yang beda dengan seleksi kelas unggulan, karena kami tidak menggunakan hasil tes IQ sebagai salah satu variabel penilaian. Kalau tahun yang lalu, ada 5 variabel penilaian untuk seleksi siswa masuk kelas unggulan yaitu ujian tulis (terdiri dari 80 soal dari 4 mata pelajaran UN), ujian praktek bahasa Inggris, ujian praktek komputer, wawancara dan tes IQ. Kita berencana bahwa nanti tanggal 14 Juli 2014 sudah terbentuk kelas yang baru, sehingga kamipun harus bekerja keras untuk melaksanakan tes seleksi kelas unggulan di hari - hari libur sekolah. Jadi habis penerimaan siswa baru diumumkan maka dilanjutkan dengan tahap - tahap seleksi kelas unggulan. 
   Pertama adalah Ujian tulis yang dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2014 yang diikuti semua siswa baru yang diterima yang terdiri dari 16 siswa KMS (Keluarga Miskin Sejahtera) dan 144 siswa reguler. Ujian tulis dimulai jam 08.00 WIB dan selesai jam 10.00 WIB (selama 120 menit) dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Setiap mata pelajaran terdiri dari 20 soal pilihan ganda, siswa tinggal memilih salah satu opsi yang benar dari 4 pilihan yang diberikan.
   Hari kedua yaitu Kamis, tanggal 10 Juli 2014 diberikan pengumuman tentang hasil ujian tulis. Dari pengumuman tersebut hanya diambil 65 siswa untuk mengikuti ujian selanjutnya yaitu ujian praktek bahasa Inggris dan ujian praktek komputer. Ujian praktek tersebut dilaksanakan hari itu juga karena untuk mempercepat proses seleksi. Untuk ujian praktek bahasa Inggris siswa diharapkan untuk maju satu persatu diwawancara dalam bahasa Inggris. Bagi siswa yang sudah memperoleh materi bahasa Inggris di Sekolah Dasar, maka tidak akan menjadi masalah wawancara bahasa Inggris. Tetapi bagi siswa yang tidak mendapatkan pelajaran tersebut pasti akan mengalami kesulitan walaupun pertanyaan - pertanyaaan wawancara tidak terlalu sulit. Bagaimanapun bahasa Inggris adalah bahasa asing.
  
Hari ketiga, Jum'at tanggal 11 Juli 2014 tahap terakhir yaitu wawancara. Dalam sesi wawancara kita mengharapkan untuk orang tua dan anaknya ada dan hadir dalam wawancara dengan tujuan agar sinkron antara minat siswa dan keinginan orang tua. Dengan kondisi tersebut maka dalam perjalanannya nanti tidak akan menghambat aktifitas kelas unggulan karena ada kesepahaman orang tua dan anak.
  Hari ini Sabtu, 12 Juli 2014 adalah pengumuman 32 siswa kelas unggulan yang terpilih. Walaupun peminat melebihi kuota tetapi tetap saja kita hanya memilih 32 siswa dari 65 siswa terpilih sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar yang membangun sangat berguna tidak hanya bisa mencaci tetapi berikan juga solusi