Sabtu, 21 Februari 2015

AMT DI SMPN 2 BAMBANGLIPURO

Pak Eko Prasetyo, M.Psi - Edu Trainer
Hari Sabtu, 21 Februari 2015 merupakan hari yang sangat mengharukan sebab baru pertama kali ini  mengadakan event Acheivement Motivation Training (AMT) yang melibatkan orang tua. Artinya orang tua menunggui anaknya yang mengikuti AMT, dimana mereka di sadarkan untuk mencintai dan juga meningkatkan motivasi belajar. Sehingga harapannya nilai mereka, nilai Ujian Nasional mereka dapat meningkat signifikan. Mereka di sadarkan se-sadar sadarnya, senangis nangisnya sehingga di akhir acara hampir seluruh siswa dan orang tua menangis dan berpelukan mencurahkan segala uneg -uneg yang selama ini ada.Ugh..semua nampak keharuan termasuk bapak - ibu guru juga terhanyut dengan isi materi Pak Eko Prasetyo, M.Psi. Luar biasa sedih, sendu dan mengharu biru.  Semua merasa terhanyut dan larut dalam kesenduan hari itu.
   Acara diawali dengan motivasi dari Ganesha Operation yang disampaikan dengan bagus oleh pak
Anak - anak hanyut dalam sugesti Pak Eko
Fajar selama kurang lebih 1 jam. Kemudian dilanjutkan dilanjutkan sambutan oleh kepala SMPN 2 Bambanglipuro, Drs. H. Surur yang mengupas tentang Ujian Nasional. Karena memang acaranya adalah sosialisasi Ujian Nasional dan dilanjutkan AMT. Dari data tamu undangan atau orang tua yang hadir hampir 90% orang tua hadir. Ini memang yang diharapkan agar bisa disatukan antara visi anak, visi orang tua dan visi sekolah sehubungan dengan Ujian Nasional. Dengan kesamaan keinginan tiga aspek itu maka hambatan yang menghadang bisa dicarikan solusi secara bersama. Ketiga unsur tersebut bisa saling mendukung dan mensukseskan agenda UN dengan nilai yang maksimal. Acara terakhir yaitu acara inti adalah AMT, dimana siswa diajak untuk merenungi tentang tujuan mereka dalam belajar mengajar. Bagaimana mereka harus menghargai orang tua dan para guru. Tanpa orang tua dan guru mereka tidak mungkin mencapai kesuksesan dalam hidup ini. 
Suasana haru Ayah - Anak
Mereka distelkan lagu - lagu yang beatnya sama dengan detak jantung, kemudian dipilihlah lagu yang mempunyai hentakan yang pelan dan ketukan tertentu yang bisa menghanyutkan perasaan. Jadi wajarlah bila para siswa satu - persatu terjatuh, posisi semula mereka adalah duduk dengan kaki lurus ke depan, kemudian mereka mulai rebah pelan ke belakang. Atraksi selanjutnya pak Eko mensugesti dengan kehadiran orang tua, terutama seorang ayah yang datang denga segala pengorbanan. Kemudian ayah tadi pelan - pelan pergi meninggalkan anaknya. Nah ... disinlah anak - anak mulai menjerit histeris karena ditinggalkan ayahnya. Ketika anak - anaknya menjerit dan menangis, para orang tua yang berada dilantai atas melihat dan ikut menangis.
     Kemudian pak Eko menenangkan kembali para siswa ke keadaan semula. Setelah tenang pak Eko kembali mensugesti dengan menghadirkan seorang sosok ibu. Sosok ibu datang dengan semua kelebihan dan keterbatasan, dia datang dengan perjuangan yang super hebatnya ke anak. Kemudian ibunya juga pelan - pelan meninggalkannya. Kembali para siswa menjerit histeris, sekeras - keras karena tanpa mereka sadari, mereka ada yang menangis meraung - raung. Setelah itu pak Eko menenangkan kembali. Suasana kembali tenang dan hening. Terakhir pak Eko mensugesti anak tentang perjuangan dalam mengerjakan UN. Dan akhirnya mereka berhasil mencapai kelulusan UN dengan nilai maksimal. Semoga happy ending untuk semua.


1 komentar:

komentar yang membangun sangat berguna tidak hanya bisa mencaci tetapi berikan juga solusi