Jumat, 20 Februari 2015

TAMAN BACAAN MASYARAKAT "KIRANA"

    
Tempat TBM
Mimpi yang lama terpendam, akhir - akhir ini mulai muncul untuk direalisasikan. Walaupun banyak kendala tetapi biarlah kendala itu menjadi tantangan yang harus dicarikan solusinya. Ya..benar mimpi memiliki Taman Bacaarn Masyarakat (TBM) di dusunku, Serayu Rt.02 Bantul. Biarpun belum banyak buku yang tersedia, biarpun belum luas tempatnya dan belum banyak anak - anak yang datang. Ga masalah, namanya juga merintis TBM. Tetap semangat dan tetap solusi termasuk jumlah koleksi buku terus ditingkatkan, karena memang itulah salah satu daya tarik para pengunjung. Hal yang membuat saya trenyuh dan membulatkan tekad untuk membuat TBM karena memang mereka (Anak - anak dan Ibu Rumah Tangga) butuh kegiatan yang bermanfaat.
Kegiatan di TBM
Saya berpikir berhubung jumlah koleksi belum banyak, salah satu cara untuk menarik minat mereka adalah mengadakan kegiatan yang menarik seperti:
  1. Hari Selasa : Setiap Selasa diadakan kegiatan belajar bahasa Inggris, karena kebetulan saya adalah seorang guru bahasa Inggris. Ya..sekalian share ilmu ke anak - anak. Nampaknya anak - anak suka bahasa asing, khususnya bahasa Inggris.
  2. Hari Kamis : Setiap Kamis diadakan kegiatan belajar menggambar, walaupun saya bukan ahli menggambar tetapi kalau hanya untuk membedakan lukisan yang bagus dan kuran bagus aku cukup bisa.
  3. Hari Minggu : Nah..di hari Minggu, atau setiap hari Minggu di adakah kegiatan menulis, mereka (anak - anak) dibebaskan untuk menulis apa saja. Bisa puisi, cerita atau tulisan yang lain, pokoknya mereka berlatih menulis. Nanti yang tulisannya bagus akan di kirimkan ke koran lokal atau majalah lokal, Provinsi DIY.
Terus hari lainnya ngapain? Untuk hari yang laen mereka bebas, artinya mereka bisa baca buku dan meminjam buku yang ada atau yang tersedia. Orientasi dari pendirian TBM ini adalah diperuntukan bagi anak - anak, remaja dan ibu - ibu. Khusus untuk anak - anak dan remaja kegiatan yang dirancang dan dilaksanakan seperti tersebut di atas. Sementara untuk ibu - ibu nantinya kerja sama dengan ibu - ibu PKK atau Dharma Wanita, dengan harapan TBM dapat meminjamkan buku - buku yang dapat meningkatkan kualitas ibu - ibu. Kualitas yang dimaksud bisa saja para ibu ikut membantu perekonomian keluarga dengan menciptakan atau membuat kreasi yang bernilai jual. Dengan kegiatan tersebut maka TBM mempunyai nilai lebih dan para ibu merasa diuntungkan dengan keberadaan TBM. Sehingga kalau mereka datang dengan anak - anaknya maka keduanya (ibu dan anak) dapat berkembang bersama - sama. Itu adalah salah satu misi visi TBM Kirana memberi manfaat bagi semua walaupun untuk buku - buku yang menunjang kemajuan tersebut belum ada. Tetapi bisa diagendakan nanti dengan mengundang narasumber yang kompeten untuk mengajar mereka tetapi tetap tempatnya di TBM. Semoga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar yang membangun sangat berguna tidak hanya bisa mencaci tetapi berikan juga solusi