Jumat, 27 Mei 2016

10 IDE TULISAN YANG KEREN

    10? Ah. angka genapkan? Semoga menggenapkan semangatku untuk menulis sebuah buku. Ya..bermula dari ide, ide yang terlintas, mungkin juga ide yang sederhana namun aku yakin dari kesederhanaan ide tersebut, aku merasa tertantang untuk membuat ide yang sederhana menjadi ide yang wah dan renyah. Akhirnya terwujudlah aku menjadi penulis best seller (mulai mengkhayal tingkat tinggi he..he). Nanti namaku terpampang di setiap toko - toko xi..xi. Photoku nanti akan ada di koran, di majalah, di pamflet dan mungkin juga di televisi. (Stop!!! Fokus ke tugas). Tugas!!! Ups maaf terlalu bersemangat untuk menulis, padahal kalau sudah menulis sering loncat - loncat dari ide satu ke ide satunya. Satu buku belum kelar, ganti lagi ke buku yang lain sehingga buku belum tamat - tamat juga. Kasihankan pemeran protagonis digantung - gantung, menang tidak kalah juga tidak. Jadinya sebagai pemeran utama malah duduk di pojok sambil ngopi - ngopi dan merokok (Oh..tidak, pemeran utama, lakon tidak boleh merokok) kasihan anak - anak teredukasi yang tidak baik. O..ya pemerannya ngopi sambil baca buku, dia menunggu sutradara (baca: penulis) memanggil namanya untuk pengambilan adegan. (Maaf...apakah ini film? xi..xi)
    Sorry terlau lebay saya, padahal kalau mau bisa saja saya tuliskan judulnya langsung tidak perlu muter - muter bikin capek. Eit..tetapi kalau anak saya itu sukanya muter - muter, keliling, kota - kota dan beli jajanan yang dia sukai. Dia selalu ikut walaupun dia belum mandi, makanya sebagai salah satu syarat dia ikut saya adalah dia harus mandi terlebih dahulu. Kalau belummandi maka dia harus stay dan good bye, aku tinggal untuk jalan - jalan. Sendiri? Enggalah aku masih punya anak satu lagi yang sulung, yang cantik setelah ibunya he..he. Dia juga gemar ikut jalan - jalan, entah naik motor ataupun mobil. Anehnya lagi kalau naik mobil, baik AC dinyalakan ataupun tidak dia tetap saja mabuk. Dan lebih anehnya lagi, dia tidak pernah jera untuk ikut walaupun dia harus mabuk berulang kali. Kadang saya sarankan untuk minum obat anti mabuk, dia sih mau tetapi tidak ada efeknya, tetap saja dia mabuk. Terus kita coba dengan menempel pusernya dengan plester, itupun tidak ada dampaknya, tetap saja dia mabuk. Apalagi ada ide yang lebih konyol lagi dari mertua yaitu anak diminta makan ubi jalar, dia yang tidak biasa makan ubi jalarpun mau, namun hasilnya tetap sama, dia tetap mabuk. Akhirnya kita biarkan saja yang penting dia nyaman dan tidak mengeluh walaupun beberapa kali mabuk, yang jelas kita usahakan habis dia mabuk, kita tawarkan makan lagi :D. biar perutnya tidak kosong. Itulah secuil peristiwa, walaupun kita dapat masalah namun dari masalah itulah kita mempunyai ide. Ide sering datang saat kita terdesak atau kepepet, pantas saja ada buku laris the power of kepepet. Buku yang best seller, menurutku, dan aku berharap ideku ini nantinya menjadi buku yang best seller. Amin.
    10 ideku untuk menulis sebuah buku yang sebagian besar buku non-fiksi sebab aku mengalami kendali untuk menulis buku fiksi. Aku kurang mahir dalam berimaginasi, bukan berimaginasi tetapi memunculkan adegan percakapan yang asyik dan masuk akal. Ups..langsung saja ini ide saya untuk tugas di Komunitas Menulis Online:
  1. Super Teacher
  2. Mengakali Ujian Nasional Bahasa Inggris
  3. Belajar KIR yang menyenangkan
  4. Sukses setelah lulus SMA
  5. Di balik 13 (Non fiksi)
  6. Jurnalistik untuk anak sekolah
  7. Anakku, Eksperimenku
  8. Why do I love me?
  9. Nama unik untuk anak kita
  10. 99 reason why do I love Allah
Sebenarnya masih ada beberapa judul yang lagi tetapi itu saja toh yang diminta cuma 10 dan 10 judul itu kalau bisa jadi buku sudah luar biasa senangnya. Semoga malaikat mengamini doaku dan semesta alam mendukung niat. Semangat, ganbate!!!

2 komentar:

  1. Super sekali semangatnya Mr. Jack. Mau dong belajar nulis non fiksi 😀😀😀

    BalasHapus

komentar yang membangun sangat berguna tidak hanya bisa mencaci tetapi berikan juga solusi