Kamis, 20 September 2018

JUARA MENULIS ARTIKEL UNTUK GURU

    Kalau melihat kembali saat pertama kali mengetahui informasi lomba guru menulis, aku ingin selalu tersenyum. Bagaimana tidak, waktu itu aku hanya melihat status WA seorang teman. Iseng saja lihat statusnya. Eh, kok dia posting tentang lomba guru tersebut. Hum, kayaknya bisa ikut nih, batinku. Maka segera mempelajari tema dan memilih cerita. 
   
    Cerita yang dibungkus dari kegiatan nyata di sekolah dan merupakan original ide saya. Artinya aku belum pernah ada seorang guru pun yang menggunakan cara-cara seperti yang kulakukan dalam pembentukan karakter. Okelah, sekarang tinggal ditulis dan disajikan beberapa data yang ada. Zaman sekarang sangat gampang kan mencari data. Dengan kemampuan internet yang super duper keren maka aku mulai menulis artikel. 
   
    Tidak membutuhkan waktu lama untuk menulis, sebab hanya tiga lembar yang dibutuhkan oleh dewan juri. Meskipun sepertinya susah mengutarakan ide-ide dengan lembar yang terbatas. Malah kalau tidak mengingat ketentuan aku menulisnya melebih batas maksimal. Namun coba aku rem dan padatkan tulisanku, termasuk daftar pustaka hanya kutampilkan dua saja. Tidak lebih sebab kalau aku melebihi ketentuan bisa jadi naskahku akan didrop dan dianggap tidak memenuhi syarat. Maka okelah, aku harus pandai menghemat kalimat.

  Syukurlah, pas tiga halaman sudah bisa ditulis semua. Meskipun dalam hati belum puas dan tuntas. Biarlah. Dengan naskah yang seperti itu, aku kirim ke panitia. Beberapa minggu berikutnya, aku mendapat WA dari seseorang yang menyatakan kalau aku juara 2. Alhamdulillah, tidak menyangka aku bisa lolos dan menjadi juara 2 tingkat provinsi. Padahal tidak menyangka sama sekali. Terimakasih ya Alloh atas rezeki yang luar biasa ini.
     Sekarang tugasku adalah menunggu proses selanjutnya sebab menurut infor lomba akan akan mendapat sertifikat, uang pembinaan dan piala. Berapa hadiahnya, aku tidak tahu pasti sebab tidak disebutkan secara jelas dalam informasi lomba. Berapa pun itu, tetap aku bersyukur bisa mengembangkan kemampuan. Semoga ini menjadi awal untuk kembali menulis artikel dan lolos lagi, juara lagi. Begitu seterusnya sampai aku bosan. Wkkak mana bosan kalau juara terus ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar yang membangun sangat berguna tidak hanya bisa mencaci tetapi berikan juga solusi