Jumat, 18 November 2011

TUGAS POKOK DAN FUNGSI GURU


TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
KEPALA SEKOLAH

1.    Kepala Sekolah sebagai Pendidik (Educator)
a. Membimbing guru dalam hal menyusun dan melaksanakan program pengajaran, mengevaluasi hasil belajar dan melaksanakan program pengajaran dan remedial.
b. Membimbing karyawan dalam hal menyusun program kerja dan melaksanakan tugas sehari-hari.
c.  Membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler, OSIS dan mengikuti lomba diluar sekolah.
d. Mengembangkan staf melalui pendidikan/latihan, melalui pertemuan, seminar   dan diskusi, menyediakan bahan bacaan, memperhatikan kenaikan pangkat,  mengusulkan kenaikan jabatan melalui seleksi calon Kepala Sekolah.
e. Mengikuti perkembangan iptek melalui pendidikan/latihan, pertemuan,  seminar, diskusi dan bahan-bahan.

2.    Kepala Sekolah sebagai Manajer (Manager)
a. Mengelola administrasi kegiatan belajar dan bimbingan  konseling dengan memiliki data lengkap administrasi kegiatan belajar mengajar dan kelengkapan administrasi bimbingan konseling.
b. Mengelola administrasi kesiswaan dengan memiliki data administrasi kesiswaan dan kegiatan ekstra kurikuler secara lengkap.
c.  Mengelola administrasi ketenagaan dengan memiliki data administrasi tenaga   guru dan Tata Usaha.
d. Mengelola administrasi keuangan Rutin, BOS, dan Komite.
e. Mengelola administrasi sarana/prasarana baik administrasi gedung/ruang,   mebelair,  alat laboratorium, perpustakaan.

3.    Kepala Sekolah sebagai Pengelola Administrasi (Administrator)
a. Menyusun program kerja, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.
b. Menyusun organisasi ketenagaan disekolah baik Wakasek, Pembantu Kepala Sekolah, Walikelas, Kasubag Tata Usaha, Bendahara, dan Personalia  Pendukung  misalnya   pembina   perpustakaan,   pramuka,  OSIS,   Olah   raga.  Personalia kegiatan temporer, seperti Panitia Ujian, panitia peringatan hari besar nasional atau keagamaan dan sebagainya.
c.  Menggerakkan staf/guru/karyawan dengan cara memberikan arahan dan   mengkoordinasikan pelaksanaan tugas.
d. Mengoptimalkan sumberdaya manusia secara optimal, memanfaatkan  sarana / prasarana  secara optimal dan merawat sarana prasarana milik sekolah.



4.    Kepala Sekolah sebagai Penyelia (Supervisor)
a. Menyusun program supervisi kelas, pengawasan dan evaluasi pembelajaran.
b. Melaksanakan program supervisi.
c.  Memanfaatkan hasil supervisi untuk meningkatkan kinerja guru/karyawan dan untuk pengembangan sekolah.

5.    Kepala Sekolah sebagai Pemimpin (Leader)
a. Memiliki kepribadian yang kuat, jujur, percaya diri, bertanggungjawab, berani mengambil resiko dan berjiwa besar.
b. Memahami kondisi guru, karyawan dan anak didik.
c.  Memiliki visi dan memahami misi sekolah yang diemban.
d. Mampu mengambil keputusan baik urusan intern maupun ekstern.
e. Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tertulis.

6.    Kepala Sekolah sebagai Pembaharu (Inovator)
a. Mampu mencari, menemukan dan mengadopsi gagasan baru dari pihak lain.
b. Mampu melakukan pembaharuan di bagian kegiatan belajar  mengajar  dan bimbingan konseling, pengadaan dan pembinaan tenaga guru dan karyawan,   kegiatan ekstra kurikuler dan mampu melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya manusia di Komite dan masyarakat.

7.    Kepala Sekolah sebagai Pendorong  (Motivator)
a. Mampu mengatur lingkungan kerja.
b. Mampu mengatur pelaksanaan suasana kerja yang memadai.
c.  Mampu menerapkan prinsip memberi penghargaan maupun sanksi hukuman yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
WAKIL KEPALA SEKOLAH


Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.    Menyusun perencanaan, membuat program kegiatan dan program pelaksanaan
2.    Pengorganisasian
3.    Pengarahan
4.    Ketenagaan
5.    Pengkoordinasian
6.    Pengawasan
7.    Penilaian
8.    Identifikasi dan pengumpulan data
9.    Mewakili   Kepala   Sekolah   untuk  menghadiri   rapat   khususnya   yang   berkaitan   dengan  masalah pendidikan
10. Membuat laporan secara berkala
 
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
URUSAN KURIKULUM


Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.    Menyusun program pengajaran
2.    Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
3.    Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran
4.    Menyusun jadwal evaluasi belajar dan pelaksanaan ujian akhir
5.    Menerapkan kriteria persyaratan kenaikan kelas dan ketamatan
6.    Mengatur jadwal penerimaan rapor dan STTB
7.    Mengkoordinasikan, menyusun dan mengarahkan penyusunan kelengkapan mengajar
8.    Mengatur pelaksaan program perbaikan dan pengayaan
9.    Mengatur pengembangan MGMP/MGBP dan koordinator mata pelajaran
10. Melakukan supervisi administrasi akademis
11. Melakukan pengarsipan program kurikulum
12. Penyusunan laporan secara berkala
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
URUSAN KESISWAAN


Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.    Menyusun program pembinaan kesiswaan (OSIS),  meliputi:  Kepramukaan,  PMR,  KIR,  UKS,  PKS, Paskibraka, pesantren kilat
2.    Melaksanakan bimbingan,  pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam  rangka
3.    menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus OSIS
4.    Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi
5.    Menyusun jadwal dan pembinaan serta secara berkala dan insidental
6.    Membina dan melaksanakan koordinasi 9 K
7.    Melaksanakan pemilihan calon siswa berprestasi dan penerima bea siswa
8.    Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
9.    Mengatur mutasi siswa
10. Menyusun dan membuat kepanitiaan Penerimaan Siswa Baru dan pelaksanaan MOS
11. Menyusun dan membuat jadwal kegiatan akhir tahun sekolah
12. Menyelenggarakan cerdas cermat dan olah raga prestasi
13. Membuat laporan kegiatan kesiswaan secara berkala



TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
URUSAN SARANA PRASARANA


Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.    Menyusun program pengadaan sarana dan prasarana
2.    Mengkoordinasikan penggunaan sarana prasarana
3.    Pengelolaan pembiayaan alat-alat pengajaran
4.    Mengelola perawatan dan perbaikan sarana prasarana
5.    Bertanggung jawab terhadap kelengkapan data sekolah secara keseluruhan
6.    Melaksanakan pembukuan sarana dan prasarana secara rutin
7.    Menyusun laporan secara berkala
 
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
URUSAN HUMAS


Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.    Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan dewan sekolah
2.    Membina hubungan antara sekolah dengan wali murid
3.    Membina pengembangan antar sekolah dengan lembaga pemerintah, dunia usaha, dan lembaga sosial lainnya
4.    Membuat dan menyusun program semua kebutuhan sekolah
5.    Koordinasi dengan semua staf untuk kelancaran kegiatan sekolah
6.    Menciptakan hubungan yang kondusif diantara warga sekolah
7.    Melakukan koordinasi dengan semua staf dan bertanggung jawab untuk mewujudkan 9 K
8.    8. Menyusun   program  kegiatan   bakti   sosial,   karya  wisata,   dan   pameran   hasil   pendidikan   (gebyar pendidikan)
9.    Mewakili Kepala Sekolah apabila berhalangan untuk mnghadiri rapat masalah-masalah yang bersifat umum
10. Menyusun laporan secara berkala


TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
KASUBAG TATA USAHA


Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam kegiatan:
1.    Penyusunan program kerja tata usaha sekolah
2.    Pengelolaan dan pengarsipan surat-surat masuk dan keluar
3.    Pengurusan dan pelaksanaan administrasi sekolah
4.    Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
5.    Penyusunan administrasi sekolah meliputi kurikulum, kesiswaan dan ketenagaan
6.    Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah secara keseluruhan
7.    Penyusunan tugas staf Tata Usaha dan tenaga teknis lainnya
8.    Mengkoordinasikan dan melaksanakan 9 K
9.    Penyusunan  laporan pelaksanaan secara berkala

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
WALI KELAS

Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.     Pengelolaan Kelas:
a.     Tugas Pokok meliputi:
·         Mewakili orang tua dan kepala sekolah dalam lingkungan pendidikan
·         Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·         Membantu pengembangan keterampilan dan kecerdasan anak didik
·         Membina karakter, budi pekerti dan kepribadian anak didik
b.    Keadaan Anak Didik
·         Mengetahui jumlah (Putra dan Putri) dan nama-nama anak didik
·         Mengetahui identitas lain dari anak didik
·         Mengetahui kehadiran anak didik setiap hari
·         Mengetahui masalah-masalah  yang dihadapi  anak didik
c.     Melakukan Penilaian
·         Tingkah laku anak didik sehari-hari di sekolah
·         Kerajinan, Kelakuan, dan Kedisiplinan anak
d.    Mengambil Tindakan Bila Dianggap Perlu
·         Pemberitahuan , pembinaan, dan pengarahan
·         Peringatan secara lesan dan tertulis
·         Peringatan khusus yang terkait dengan BP/Kepala Sekolah
e.     Langkah Tindak Lanjut
·         Memperhatikan buku nilai rapor anak didik
·         Memperhatikan keberhasilan/kenaikan anak didik
·         Memperhatikan dan membina suasana kekeluargaan

2.     Penyelenggaraan Administrasi Kelas, meliputi:
a.     Denah tempat duduk anak didik
b.    Papan absensi anak didik
c.     Daftar Pelajaran dan Daftar Piket
d.    Buku Presensi
e.     Buku Jurnal kelas
f.     Tata tertib kelas
3.     Penyusunan dan pembuatan statistik bulanan anak didik
4.     Pembuatan catatan khusus tentang anak didik
5.     Pencatatan mutasi anak didik
6.     Pengisian dan pembagian buku laporan penilaian hasil belajar

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
GURU PEMBIMBING (BK)


Membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan:
1.    Penyusunan dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling
2.    Koordinasi  dengan wali  kelas dalam  rangka mengatasi  masalah-masalah yang dihadapi  anak didik tentang kesulitan belajar
3.    Membgerikan layanan dan bimbingan kepada anak didik agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
4.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada anak didik dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
5.    Mengadakan penilaian pelaksanaan bimbingan dan konseling
6.    Menyusun statistic hasil penilaian bimbingan dan konseling
7.    Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar
8.    Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut bimbingan dan konseling
9.    Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
PUSTAKAWAN SEKOLAH


Membantu Kepala sekolah dalam kegiatan:
1.    Perencanaan pengadaan buku/bahan pustaka/media elektronika
2.    Pelayanan perpustakaan
3.    Perencanaan pengembangan perpustakaan
4.    Pemeliharaan dan perbaikan buku-buku/bahan pustaka/media elektronika
5.    Inventarisasi dan pengadministrasian
6.    Penyimpanan buku/bahan pustaka, dan media elektronika
7.    Menyusun tata tertib perpustakaan
8.    Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
LABORAN


Membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan:
1.    Perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium
2.    Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium
3.    Mengatur penyimpanan, pemeliharaan, dan perbaikan alat-alat laboratorium
4.    Membuat dan menyusun daftar alat-alat laboratorium
5.    Inventarisasi dan pengadministrasian alat-alat laboratorium
6.    Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium secara berkala

Rabu, 16 November 2011

Tutorial Lectora untuk Guru (2)

Yuk belajar lectora...mo belajar? ok please download program ini dulu http://www.ziddu.com/download/17376662/Lactora.exe.html Well masih ada beberapa program untuk melengkapi program yang pertama or di atas tersebut tetapi tenang dengan mendownload semua yang ada dalam laman ini anda akan dapat membuat presentasi atau media ajar dengan mudah dan mungkin lebih menarik para peserta didik untuk belajar mandiri dan bertanggung jawab. Baiklah tidak perlu berpanjang lebar inilah link yang kedua http://www.ziddu.com/download/17377607/Lectora.rar.html    kemudian ini adalah link yang ketiga, sabar ya...sabar.. http://www.ziddu.com/download/17377949/Lectora.zip.html 
dan ini adalah link program Lectora yang terakhir.http://www.ziddu.com/download/17378941/Shockwave_Installer_Full.exe.html Semoga bermanfaat dan menjadi amal baik saya sebab ini susah untuk mendownload di website triavis tetapi kalau di blog ini insya allah cepat dan yang jelas gratiiiiiiiiiiiss. Selamat mencoba dan berlatih Lectora. Mari kita gali kemampuan kita untuk kemajuan dan kepandaian anak didik kita, bukankah kita digaji karena tugas untuk mencerdaskan anak-anak bangsa: para generasi muda sehingga Indonesia semakin maju dan dapat kita banggakan karena para generasi muda yang pintar dan pastinya jujur. Semoga

Senin, 07 November 2011

TUTORIAL LECTORA UNTUK GURU (1)

Pembukaan Acara Pelatihan oleh Pak Kepsek
Ini adalah tutorial yang digunakan dalam pelatihan media ajar bagi para guru yang pernah penulis ikuti; Senin-Selasa tanggal 7-8 November 2011. Tapi penulis pada hari pertama tidak bisa datang sehingga kehilangan beberapa steps dan saya berharap dengan belajar sendiri dapat menguasai program tersebut. Walaupun itu agak berat dan perlu perjuangan yang tinggi apalagi di materi kuliah saya juga diajarkan beberapa program aplikasi seperti Java dan RPG Maker. Kompletlah kebingungan itu dan semoga tidak berlanjut. Silahkan klik link ini http://www.ziddu.com/download/17218886/handoutlectorafiturI.pdf.html Masih pingin yang lain coba klik link kedua ini http://www.ziddu.com/download/17218935/ModulLectora-Publikasi.pdf.html Untuk tutorial selanjutnya besok saya upload lagi demi kelancaran dan penyebaran ilmu sesama kita.

Hari Raya Idul Adha di Esperoba


Hari ini Selasa, tanggal 8 November 2011 SMPN 2 Bambanglipuro mengadakan acara penyembelihan hewan qur'ban. Nampaknya hal ini perlu diagendakan untuk dilakukan semua kelas baik kelas 7, 8 dan kelas 9 tiap tahun. Betapa anak-anak sangat menikmati acara. Lihat saja mereka mempersiapkan alat masak untuk memasak hewan qurban mereka. Dengan semangat 2011 mereka membawa kompor gas, peralatan dapur dan hiasan untuk penyajian. Sangat fantastik, semoga kita masih dapat bertemu lagi dengan Hari Raya Idul Adha. Memang hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 6 November 2011 tapi katanya sich kita masih dapat merayakan pada tanggal-tanggal tasryik, khususnya untuk penyembelihan hewan Qurban. Alhamdulillah ya...hari ini kita dapat mempersembahkan hewan sapi untuk dikorbankan, ini semua karena kerjasama yang baik antara para stake holder sekolah dan tentunya anak-anak. Anak-anak ayo...semangat buat masakan yang TOP BGT. Ok?
Di samping ini adalah proses penyembelihan hewan Qurban, mau tau kenapa penulis tidak ada dalam foto? ya...betul karena penulis yang memfoto gambar tersebut sehingga tidak ada gambarnya. Harap maklum saja ya?

Betapa pengorbanan itu perlu dilakukan dimanapun kita berada, pokoknya jangan menyerah dengan keadaan apapun. Tetapkan berkorban untuk hidup ini sehingga membuat hidup lebih hidup..ciilee. Intinya buatlah hidup kita menjadi sesuatu hal yang menyenangkan dan membanggakan bagi diri kita dan orang-orang di sekitar kita. Dengan mengambil hikmah pengorbanan yang telah terjadi pada jaman nabi Ibrahim, tentunya kita tidak mau kalah berkorban untuk kehidupan yang terbaik yang dapat kita persembahkan dalam hidup yang hanya satu kali ini. Setuju? Semoga.
Para Ibu guru mempersiapkan bumbu
Anak-anak siap memasak
Selanjutnya adalah foto-foto tentang acara yang digelar pada hari itu. Rugi kalau dilewatkan. Oleh karena itu tetap keep on eyes. Dari proses pemotongan sampai masak dan tersaji dengan nikmat akan saya tampilkan sehingga membuat kita dapat mengenang saat-saat yang indah itu. Bukankah Hari Raya Idul Adha hanya datang satu tahun sekali, jadi mari kita lalui dan nikmati hari-hari itu dengan riang dan tentu saja dengan penuh suka cita. Bagaimana kabar selanjutnya acaranya tersebut? Ayo pantengin terus foto-foto dibawah ini dan jangan bosen-bosen lho untuk tetap membuka blog ini. Pasti ga akan nyesel semoga saja...kalau menyesal berarti memang perlu saya benahi blog ini.
Anak-anak siap memasak demi Lomba Masa hari ini. Tetap semangat anak-anak. Doaku menyertaimu he...Dengan semangat para bapak dan ibu guru kita memotong motong daging sapi.

Materi PLPG Bahasa Inggris UNY Rayon 111

Ini adalah Bapak/Ibu Guru Peserta PLPG tahun 2011
Teman-teman yang belum ikut PLPG atau ikut tapi belum lulus atau belum ikut sama sekali, tidak ada salahnya anda mempersiapkan bahan dan materi untuk mengikuti PLPG tersebut. Sebab katanya semakin hari tepatnya tahun 2012 akan diperketat untuk dapat mengikuti PLPG. Dengar-dengar nich, sebelum ikut PLPG harus mengikuti tes tertuis dulu untuk menentukan kuotanya setelah itu baru ikut PLPG selama 9 -10 hari. Dan parahnya lagi katanya untuk materi dan proses kelulusan PLPG, khususnya bahasa Inggris lebih sulit daripada sebelumnya. Oleh karena itu anda harus mempersiapkan dengan lebih baik dan lebih dini. Maka dari itu saya mau berbagi beberapa bahan yang pernah saya buat untuk latihan Micro teaching di PLPG. Semoga bermanfaat. Link ini silahkan diklik saja, mudah kok. http://www.ziddu.com/download//.html

VIDEO TUTORIAL MEMBUAT RPG MAKER

Mo liat video tutorialnya? Yah yang ada dalam laman ini adalah video tutorial bagaimana membuat game dari aplikasi RPG maker. Penulis mengharapkan setelah anda melihat video dapat memcoba membuat game dari RPG maker, entah RPG apa yang akan anda gunakan, cukup bagus cuma agak ribet. Tapi demi anak-anak kita dan kebanggan kita kenapa tidak kita coba. Betulkan? So Please take a look at this video:


Belajar RPG Maker

Siang itu tanggal 4 November dari jam 08.00 pagi sampai jam 22.00 malam, aku belajar RPG maker. Sebenarnya RPG maker ada beberapa seri tetapi katanya semuanya hampir sama, jadi salah satu saja. Memang mengasikkan dan menantang tetapi itu sangat butuh ketelatenan kita untuk dapat membuat secara detail. Disini saya akan berbagi dulu tentang tutorial PDFnya siapa tau anda tertarik karena saya sendiri kadang jenuh mengotak atik program untuk mebuat sesuai dengan apa yang kita inginkan. Namun ada perasaan bangga juga sich jika program atau game yang kita buat dapat kita tampilkan dengan spesifikasi kita sendiri. Misalnya dengan gambar kita, musik kita dan karakter kita. Sebelum membuat RPG maker kita, kita lebih baik membuat story board atau skenario dulu biar jalan cerita yang akan kita sajikan dapat runtut dan terarah. Di samping itu materi yang akan ditampilkan dapat di manage sejak awal. Untuk mencoba program RPG Maker alangkah baiknya jika kamu mendownload Tutorialnya dalam bentuk PDF di link inhttp://www.ziddu.com/download//.html Selamat mempelajari. Untuk program dan yang lainnya menyusul. Sabar ya?

Jumat, 04 November 2011

My storyboard for Java program

Nama
Joko Sulistya





Judul Ide Game / Game
Findingjewelry

Synopsis
Tujuan Game : mempelajari percakapan transaksional dan interpersonal dengan memanfaatkan Game
Materi Game : Materi dalam game diambil dari Buku ‘English in
 Focus’        Karya Artono Wardiman., dkk Penerbit : Pusbuk Depdiknas
Buku ‘Smart   Steps’’ Karya Ali Akhmadi,   dan Ida Safrida Penerbit : GanecaExact, 
 Buku ‘English On Sky’’   Karya Mukarto dkk  Penerbit : Erlangga     Jakarta 


Deskripsi Game :
Game ini termasuk game pendidikan atau game edukasi. Jenis game yang digunakan  adalah game petualangan. Pemain yang dimainkan adalah pemain tunggal (single player), yaitu Janoko. Di dalam game ini ada pengumpulan score dan petualangan.


Deskrip singkat petualangan :
Game ini bercerita tentang Seorang putri raja (Srikandi) yang kehilangan sebuah perhiasan berharga di istananya. Kemudian sang Raja (Prabu Dasamuka) mengadakan sayembara bagi siapa saja yang menemukan perhiasan tersebut akan diberikan sebidang tanah  dan menjadi suami Srikandi. Sementara itu, seorang pemuda dari desa, Janoko, mencoba mengikuti sayembara tersebut. Janoko mulai pengembaraannya dengan melewati hutan. Di hutan dia bertemu kakek pertapa (Sengkuni). Sengkuni bersedia memberitau siapa pencurinya jika Janoko dapat menjawab beberapa pertanyaan dari Sengkuni. Akhirnya Janoko dapat menjawab semua pertanyaan tersebut. Oleh karena itu, Sengkuni mengatakan bahwa yang mencuri perhiasan tersebut adalah raja copet (Burisrawa) dan menyebutkan dimana dia tinggal. Setelah mengetahui informasi tersebut, Janoko melanjutkan perjalanan menuju rumah Burisrawa. Setelah sampai rumah Burisrawa, Janoko meminta perhiasan yang dicurinya. Burisrawa mau memberikan perhiasan itu jika Janoko dapat menjawab 3 pertanyaan dari Burirawa. Akhirnya, Janoko dapat menjawab pertanyaan tersebut dan diberikan perhiasan yang berharga itu. Janoko kembali menuju ke istana untuk mengembalikan perhiasan yang hilang itu. Ia juga menangkap Burisrawa untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatannya. Sesampai di istana, Prabu Dasamuka dan Srikandi menyambutnya. Prabu Dasamuka menanyakan beberapa pertanyaan mengenai perjalanan Janoko dalam misi mencari perhiasan yang hilang. Janoko menceritakan perjalanannya secara detail. Ia akhirnya mendapatkan sebagian tanah kerajaan dan dinikahkan dengan putri raja, Srikandi. Mereka hidup bahagia selamanya.
Alur Setting Permainan :

Setting 1 : Istana
Karakter Srikandi, Janoko dan Dasamuka
Deskripsi :
Srikandi kehilangan perhiasan berharganya. Dia telah berusaha mencari kesana-kemari tetapi tidak juga ia temukan. Kemudian dia bilang ayahnya, sang Raja Prabu Dasamuka untuk membantunya. Prabu Dasamuka mengumumkan sayembara untuk menemukan perhiasan itu. Pengumuman tersebut didengar oleh Janoko yang berada tidak jauh dari istana. Diapun berkeinginan untuk ikut sayembara tersebut. Sehingga ia mencaritau lebih banyak tentang sayembara itu kepada orang-orang sekitar itu. Setelah dia mengetahui informasi dengan akurat, dia mulai mencari perhiasan yang hilang tersebut.

Setting 2 : Forest
Karakter : Janoko, Wisanggeni
Deskripsi :
Janoko mulai pengembaraannya dengan melewati hutan. Di hutan dia bertemu kakek pertapa (Sengkuni). Sengkuni bersedia memberitau siapa pencuri perhiasan itu jika Janoko dapat menjawab beberapa pertanyaan dari Sengkuni. Akhirnya Janoko dapat menjawab semua pertanyaan tersebut. Sengkuni mengatakan bahwa yang mencuri perhiasan tersebut adalah raja copet (Burisrawa) dan dimana dia tinggal.

Setting 3 House
Karakter : Janoko, Burisrawa
Deskripsi :
Janoko melanjutkan perjalanan menuju rumah Burisrawa. Setelah sampai di rumah Burisrawa, Janoko meminta perhiasan yang dicurinya. Burisrawa mau memberikan perhiasan itu jika Janoko dapat menjawab 3 pertanyaan dari Burirawa. Akhirnya, Janoko dapat menjawab pertanyaan tersebut dan Burisrawa dengan berat hati memberikan perhiasan yang berharga itu.

Setting 4 : Istana
Karakter : Janoko, Prabu Dasamuka dan Srikandi
Deskripsi : Pada Stage ini Janoko berada di sebuah istana kembali. Janoko kembali menuju ke istana untuk mengembalikan perhiasan yang hilang itu. Ia juga menyerahkan Burisrawa kepada pihak kerajaan untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatannya. Sesampai di istana, Prabu Dasamuka dan Srikandi menyambutnya. Prabu Dasamuka menanyakan beberapa pertanyaan mengenai perjalanan Janoko. Janoko menceritakan perjalanannya secara detail. Ia akhirnya mendapatkan sebagian tanah kerajaan dan dinikahkan dengan putri raja, Srikandi. Mereka hidup bahagia selamanya.

Kondisi menang :
Kondisi menang apabila Janoko berhasil menemukan benda dengan memenuhi syarat yang diberikan di setiap stage,

Kondisi Kalah :
Jika salah menjawab pertanyaan sebanyak 3 kali

Keuntungan dari Permainan :
Permainan ini dapat digunakan untuk mengulang dan mengevaluasi pemahaman siswa akan ungkapan-ungkapan transaksional dan interpersonal



Selasa, 25 Oktober 2011

BILA SELEKSI SERTIFIKASI DARI HULU (LAGI)

Kecurangan sertifikasi telah banyak diketahui oleh umum dan mungkin menjadi rahasia umum bila ada (banyak) guru yang memanipulasi bukti-bukti berkas portofolio yang dinilaikan ketika mereka akan ikut sertifikasi. Ini sangat mencemaskan dan memprihatinkan bila dipandang bahwa yang melakukan hal tersebut adalah seorang guru yang harus digugu dan ditiru. Untuk mendapatkan 1 kali gaji para guru berusaha semaksimal mungkin tampil sempurna dengan memenuhi semua kriteria yang ada dalam poin-poin penilaian sertifikasi. Sekarang rasanya terlambat bila kita keluhkan dan menimpakan kesalahan tersebut dengan memperketat seleksi sertifikasi di masa yang akan datang. Hal itu menjadi tidak adil dengan perlakuan yang ditimpakan kepada calon atau guru yang belum sertifikasi. Wong yang lama saja belum profesional masak menuntut yang baru untuk profesional, bukankah nantinya para junior akan mencontoh para senior mereka? Bila pemerintah berniat mau membenahi dan memajukan pendidikan di negeri ini maka jalan satu-satunya adalah melakukan sertifikasi lagi dari guru-guru senior dulu kemudian baru para guru yang dibawahnya dan seterusnya. Mungkin ini akan makan waktu, tenaga dan keuangan yang banyak tetapi hasilnya akan dapat kita pertanggung jawabkan kepada masyarakat khususnya pengguna jasa pendidikan. Bila sertifikasi melalui pemberkasaan portofolio tidak atau kurang kredibel dan valid maka kembali ke pola plpg (pendidikan dan latih profesi guru) selama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan guru yang benar-benar profesional. Kalau pada evaluasi sistem sertifikasi dengan pola plpg tidak bagus cari format yang lain seperti pendidikan profesi guru selama 1 tahun.Penulis yakin bahwa ini akan menghasil guru yang mumpuni dalam mendidik dan mengajar peserta didik.Disamping itu pagu anggaran yang diusulkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebesar Rp 64 triliun tidak akan sia-sia jika yang diperoleh adalah guru-guru yang mempunyai kompetensi dan profesional (KR-25-10-2011). Kadang penulis juga heran dengan beberapa teman yang sudah mendapat sertifikasi sementara masa kerjanya belum terlalu lama, apalagi ada teman penulis yang sudah mendapat sertifikasi tetapi tidak ada perubahan yang signifikan dengan karakter dan sikapnya sebagai seorang pendidik yang profesional. Seperti harus rajin, disiplin, well prepare dalam kegiatan belajar mengajar, dapat menjadi panutan junior, menunjukkan atensi terhadap peserta didik dan teman sejawat dan lain-lain.Karakter seperti itu nampaknya tidak ada agenda perubahan beberapa rekan guru yang sudah mendapatkan sertifikasi. Para guru tersebut hanya rajin ketika adanya supervisi dari pengawa yaitu rajin mempersiapkan dokumen dan berkas yang dibutuhkan dalam penilaian pengawas. Sungguh ironis. Seorang guru yang sering mengejar-ngejar peserta didik untuk rajin mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas yang lain tetapi guru yang bersangkutan tidak dapat menerapkan sikap tersebut terhadap dirinya. Sungguh bukan salah orang lain atau pegawai lain bila ada kecemburan ketika melihat dan mendengar para guru memperoleh tambahan gaji sebesar 1 kali gaji tanpa ada konsuensi logis dengan peningkatan pendapatan tersebut. Nampaknya perlu mekanisme baru dan merubah pola-pola lama sertifikasi tersebut karena yang kita peroleh dan hasilkan bukan sosok guru yang kompeten tetapi hanya kompeten dalam menyiapkan dokumen bukan menyiapkan diri menghadapi peserta didik yang butuhn seorang guru yang profesional dan kompeten

Rabu, 12 Oktober 2011

Sabtu, 24 September 2011

MODUL (PART 2) FOR PGRI STUDENTS

Ini adalah modul untuk pertemuan ke 3, jadi mohon para mahasiswa untuk mendownload modul ini dengan cara mengklik link ini http://www.ziddu.com/download/16500894/part2.docx.html semoga nanti dapat memperlancar proses belajar mengajar dan pembelajaran para mahasiswa. Salam dan tetap semangat untuk terus belajar dan memperbaiki diri.

Jumat, 23 September 2011

DEGREE OF COMPARISON (Tingkat perbandingan)


1.       positive degree : tingkat biasa
kalimat yang menyatakan tingkat biasa. Umumnya kalimat ini menggunakan kata as…..as : [ sama…dengan ….]

2.       Comparative degree : kalimat yang menyatakan tingkat lebih. Biasanya menggunakan tambahan –er atau more.
a.     Jika kata sifatnya terdiri dari 2 suku kata, maka bentuk comparativeny menggunakan –er
e.g Cle ver ………….menjadi cleverer
       pandai                                lebih pandai
formula : [ S + tobe + Adj-er + than…]
contoh :
1.    Justin bieber is smarter than you.

b.    Jika kata sifatnya terdiri lebih dari 2 suku kata, maka bentuk comparativenya menggunakan tambahan more-
e.g beau-ti-ful………….menjadi more beautiful
formula : [ S + tobe + More-Adj + than…]
contoh :
1.    My wife is more beautiful than Cameron Diaz
Latihan :
1.    Careful ……………menjadi more careful      [ lbh berhati2]
2.    Diligent                         more diligent                [lbh rajin]
3.    Useful                           more useful                  [lbh berguna]
4.    Careless                        more careless                [lbh ceroboh]
5.    Tall                                taller                              [lbh tinggi]
6.    Old                                older                              [lbh tua]
7.    Big                                bigger                            [lbh besar]
8.    Large                             larger                             [lbh luas]
9.    Happy                           happier                          [lbh bahagia]
10.Easy                              easier                             [lbh mudah]



 Perkecualian :
1.    Much/many………….menjadi more   [ lbh banyak]
2.    Bad/ill                                    worse       [ lbh jelek/buruk]
3.    Far                                          farther      [lbh jauuuuuuuuuuh]
4.    Little                                       less           [ lbh sedikit]
5.    Good                                      better          [ lbh baik]
e.g
1. My house is better than yours.


Kamis, 15 September 2011

MODUL PART 1 FOR STUDENTS OF PGRI UNIVERSITY

Untuk rekan-rekan mahasiswa semester 3 di Universitas PGRI Yogyakarta, mohon untuk mendownload modul ini demi kelancaran proses belajar mengajar pada pertemuan 1 dan 2. Berhubung Modul yang sudah ada belum dicetak dan dibagikan, mohon kiranya untuk mendownload sebagian Modul berikut di link ini http://www.ziddu.com/download/16398032/modulpart1formeeting12.docx.html Untuk pertemuan kedua nanti mohon print out atau hasil copy Modul tersebut dibawa dalam kegiatan belajar mengajar pada pertemuan ke 2. Terimakasih atas perhatian dan kerjasama yang baik dari rekan-rekan mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta.

Selasa, 13 September 2011

NISN-Nomor Induk Siswa Nasional

Anak-anakku yang membutuhkan NISN-Nomor Induk Siswa Nasional- bisa klik link berikut http://nisn.dapodik.org/cari.lulus.php Tinggal tuliskan no tes dan namamu. Kalau ada pertanyaan bisa kalian tulis pada komen dibawah ini.

Kamis, 01 September 2011

BUKA BERSAMA DI ESPOROBA

Tanggal 25 Agustus 2011, Sekolah mengadakan Buka Bersama (Buber) di  aula sekolah. Dari Kepala Sekolah, guru, karyawan dan para siswa kelas 7 dan 8 dengan khusuk mengikuti jalannya acara. Acara dimulai dengan tadarus Alqur'an bersama, kemudian pengajian yang dibawakan oleh Bp. Haji ...selama 45 menit yaitu sampai menjelang tanda buka puasa berbunyi. Sementara bagi peserta didik yang non muslim diberikan ruang khusus untuk mendalami agama mereka. Walaupun mereka berbeda agama tetapi dihimbau untuk datang ke sekolah biarpun mereka tidak mengikuti pengajian maupun sholat tarawih. Mereka telah mempunyai kegiatan sendiri yang berhubungan dengan keimanan mereka. Setelah tanda buka puasa berbunyi mereka segera membatalkan puasa mereka dengan minum dan makanan ringan. Setelah itu mereka mengambil air wudhu dan melakukan sholat maghib dahulu. Bersama dengan stake holder (Dewan sekolah, Kepala Sekolah, Guru, dan Karyawan), anak-anak yang beragama islam melaksanakan sholat maghrib berjamaah. Tak berapa lama, sholat maghribpun selesai, anak-anak segera ke kelas masing-masing dan makan nasi bungkus yang telah disediakan oleh sekolah. Menjelang pukul 18.45, anak-anak dan para guru berkumpul untuk bersiap-siap melaksanakan sholat Isya' dan dilanjutkan dengan sholat Tarawih serta Witir. Sambil menunggu kumandang adzan Isya' anak-anak kembali tadarus bersama dengan dipimpin salah satu siswa kelas 8E. Dan akhirnya adzan Isya' berkumandang, anak-anak segera bersiap-siap melaksanakan sholat Isya' berjamaah.Kegiatan buka bersama berakhir pada jam 21.00 wib. Semoga kegiatan tersebut bermanfaat bagi kita semua. Amin. Semoga kita masih dapat menjumpai bulan puasa yang akan datang. Amin